Kerugian akibat Gempa di Cilacap Capai Rp6,6 Miliar

Penulis: Liliek Dharmawan Pada: Senin, 18 Des 2017, 18:24 WIB Nusantara
Kerugian akibat Gempa di Cilacap Capai Rp6,6 Miliar

MI/Liliek Dharmawan

KERUGIAN akibat bencana gempa 6,9 skala Richter di Cilacap, Jawa Tengah, membengkak hingga Rp6,61 miliar. Kerugian tersebut akibat rumah warga dan fasilitas umum yang rusak. Di sisi lain, warga yang rumahnya roboh masih harus mengungsi ke tempat keluarganya karena belum ada bantuan dana rehabilitasi rumah.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Tri Komara Sidhy, mengatakan bahwa kerugian yang mencapai Rp6,6 miliar tersebut akibat kerusakan rumah warga di 80 desa di 20 kecamatan.

"Rumah yang roboh tercatat 71 unit, kemudian rusak berat 133 unit, 94 rusak sedang, serta 370 rumah rusak ringan. Hingga kini, ada 110 keluarga atau 365 jiwa yang mengungsi ke rumah saudaranya karena rumahnya roboh," jelas Tri Komara, Senin (18/12).

Menurutnya, BPBD telah memberikan bantuan logistik dan bahan bangunan untuk para korban bencana.

"Untuk ke depannya, pemerintah bakal memberikan bantuan khususnya bagi mereka yang rumahnya roboh dan rusak berat," katanya.

Sementara salah seorang warga Desa Ujung Alang, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap, Kasimin, 52, mengungkapkan, sampai sekarang dirinya masih mengungsi ke tempat kerabatnya.

"Kami belum menerima bantuan. Rumah juga masih saya biarkan seperti ini, karena tidak memiliki dana untuk membangun lagi. Mudah-mudahan nanti ada bantuan dari pemerintah," ujarnya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More