Kuliner Khas Makassar Rasa Ibu Kota di Puang Oca

Penulis: Selamat Saragih Pada: Minggu, 03 Des 2017, 07:26 WIB Kuliner
Kuliner Khas Makassar Rasa Ibu Kota di Puang Oca

MASAKAN di Puang Oca, Seafood Restoran Khas Makassar, tidak terlalu kental rasa Makassar-nya. Aneka kuliner makanan laut (seafood) ala Makassar, Sulawesi Selatan, disajikan di restoran yang terletak di bilangan Senayan, Jakarta Pusat, ini, justru memanjakan penikmatnya dengan rasa ibu kota.

"Hal ini agar semua orang bisa menikmatinya. Karena itu, kita sesuaikan dengan lidah masyarakat Ibu Kota yang heterogen," ungkap Ade Mulyani, PR Manager Puang Oca, di Jakarta, baru-baru ini.

Puang Oca menyediakan tiga pilihan ruangan, yakni ruang bagi perokok (smooking) di lantai dua dan ruang keluarga (dining room) di bagian tengah. Sedangkan ruang VIP dilengkapi fasilitas karaoke. Meski demikian, semua ruangan dilengkapi alat pendingin ruangan.

Salah satu masakan khasnya ialah ikan kudu-kudu dan sukang. Penikmat dan pengamat kuliner, almarhum Bondan Winarno, disebut Ade, sangat menyukai ikan sukang. Ikan dari laut dalam yang memiliki tekstur daging yang padat. Menurut Ade, almarhum Bondan kerap datang setiap bulan ke restorannya dengan membawa kolega hanya untuk mencicipi masakan ikan sukang.

"Ini foto-foto almarhum Mas Bondan saat berkunjung ke sini. Dia selalu membawa teman-teman yang berbeda kalau ke sini," ungkap Ade.

Selain itu, pengunjung harus mencoba racikan kopi pemilik restoran ini. Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Jusuf Manggabarani, meracik sendiri kopi untuk para tamunya.

Ada tiga pilihan kopi bercampur krim itu, yakni Kopi Jenderal Bintang Tiga, Kopi Jenderal Bintang Empat, dan Kopi Jenderal Bintang Lima. Sensasinya pun berbeda dengan kopi biasa.

Mata pelanggan juga akan dimanjakan dengan akuarium berisi ikan-ikan laut. Ikan-ikan itu yang akan dimasak koki Puang Oca setelah dipilih oleh tamu yang datang.

Selain menjadi tempat makan favorit, dijelaskan Ade, Puang Oca juga menjadi tempat berkumpul masyarakat yang ingin menghabiskan waktu di sela-sela aktivitas.

Sebab, Puang Oca terletak di lokasi strategis. Berada di sekitar Senayan, di samping Lapangan Tembak, dan berseberangan dengan Gedung DPR/MPR di Jalan Gelora Senayan. Posisinya persis di pinggir jalan raya yang supersibuk.

"Dari masyarakat biasa, anggota DPR hingga artis suka nongkrong di sini. Ada yang sekadar berkumpul ada pula yang menggelar meeting atau membahas bisnis," kata Ade. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More