Adu Lari Superhero

Penulis: Fario Untung Tanu fario@mediaindonesia.com Pada: Minggu, 10 Des 2017, 04:15 WIB Gaya Urban
Adu Lari Superhero

MI/SUSANTO

MINGGU pagi Central Business District (CBD) Puri Indah, Jakarta Barat, mendadak dipenuhi superhero. Mereka tumpah ruah di jalanan. Bukan untuk melawan musuh, melainkan mereka ambil bagian di ajang lari gembira Justice League Run 2017. Berangkat dari film Justice League yang tengah tayang di layar lebar, ajang lari 5 km ini menggunakan kaus bergaya tokoh pahlawan yang muncul di film tersebut. Nuansa seru makin terasa karena terdapat pula aksesori penutup wajah, ikat kepala, sarung tangan, hingga jubah yang sesuai dengan kostum sang pahlawan.

Maka para peserta, baik remaja maupun orang dewasa, sama-sama tampil atraktif. Beberapa peserta bahkan menambahkan sendiri dengan aksesori pribadi mereka. Salah satunya adalah Jeremy Sukandi. Pria 27 tahun penggemar superhero Batman itu bahkan sampai rela membeli kostum lengkap dengan segala pernak-perniknya untuk dikoleksi. Barang koleksinya itu juga lantas digunakan dalam acara lari kali ini. “Saya ketika pertama kali mendengar ada acara ini langsung mencari tahu bagaimana cara mendaftarnya. Apalagi acara lari seperti ini baru pertama kali di Indonesia,” tutur Jeremy ketika dijumpai seusai berhasil melewati garis finis, Minggu (3/12).

Jeremy yang juga penyuka olahraga lari itu mengaku senang acara fun run seperti ini bisa diadakan. Meski baginya terbilang ringan untuk menempuh lintasan sejauh 5 kilometer, dirinya merasa tertantang karena harus lari menggunakan atribut superhero. “Nah kalau biasa pas lari kan pakai kostum olahraga. Tapi kali ini saya harus lari menggunakan topeng serta sayap Batman. Jadi lucu dan lebih menantang saja,” ungkapnya. Dalam menempuh lintasan sepanjang 5 kilometer, Jeremy berhasil mencatatkan waktu selama 55 menit. Menurut Jeremi, jarak 1 kilometer biasanya ia tempuh selama kurang lebih 10 menit.

“Biasa kalau latihan saya bisa sekitar 8 sampai 10 menit. Tergantung fisik saya juga apakah lagi fit atau kurang fit. Nah ini karena pakai kostum superhero, jadi pergerakannya kurang nyaman. Tapi saya senang,” sambungnya.

Memperkenalkan
Ariana Suryani, salah satu perempuan penyuka superhero Wonder Woman, juga tak mau ketinggalan berpartisipasi. Menurutnya, sangat jarang diadakan acara lari seperti ini. “Kebetulan saya penyuka Wonder Woman karena diperankan sama artis Gal Gadot, suka banget. Ditambah digabungkannya dengan olahraga lari yang juga saya hobi,” ungkap Ariana. Perempuan 32 tahun yang juga mengajak satu anak laki-lakinya untuk mengikuti olahraga lari ini mengaku memang sudah beberapa kali mengikutsertakan anaknya itu. Maksud dan tujuannya ialah memperkenalkan olahraga lari sejak usia dini.

“Kan anak laki-laki, harus suka olahraga. Udah gitu kan memang olahraga itu bagus, jadi memang saya bersama suami sudah memperkenalkan olahraga ini ke anak saya sejak dua tahun lalu,” tutur Ariana. Ariana mengungkapkan banyak juga temannya yang kerap mengajak anak-anak untuk mengikuti acara lari gembira. “Kalau fun run seperti ini kan memang untuk senang-senang saja. Udah gitu, lintasannya juga mudah, tidak terlalu jauh dan aman untuk anak-anak. Yang penting kita orangtua harus mendampingi,” kata Ariana yang sengaja datang dari rumahnya di bilangan Bogor, Jawa Barat.

Lisensi resmi
Acara Justice League Run tersebut telah mendapat lisensi resmi dari Warner Bros dan DC Comics yang merupakan partner resmi film Justice League. “Ini jelas baru pertama kali untuk di Indonesia dan kami tidak sembarang mengadakan karena memang sudah mendapat lisensi resmi dari pihak Warner Bros dan DC Comics,” ungkap salah satu panitia acara, Nungky Pratiwi. Menurut Nungky, ia pun pada awalnya tidak mengira antusiasme peserta akan menembus angka 5.000 orang. “Saya cukup kaget juga peminatnya bisa sebanyak ini bahkan bisa mencapai 5.000 runner yang isinya itu semua kalangan. Dari yang umur 70 hingga anak-anak, semua ada di acara ini,” sambungnya.

Menurutnya, yang lebih penting dari acara ini ialah bagaimana menumbuhkan minat masyarakat Indonesia, khususnya yang ada di Jakarta, untuk lebih mementingkan kesehatan. Salah satunya dengan lebih banyak diadakan acara seperti ini. “Pada intinya ialah menggalakkan hidup sehat untuk yang tidak suka olahraga. Mungkin dengan acara lari yang seperti ini, masyarakat bisa berolahraga dengan santai dan menyenangkan,” pungkas Nungky. (M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More