Kafe buat Berkolaborasi

Penulis: (Ria/M-1) Pada: Sabtu, 09 Des 2017, 23:01 WIB Travelista
Kafe buat Berkolaborasi

MI/CRI QANON RIA DEWI

SALAH satu lokasi kuliner yang dikunjungi kami adalah Kafe Copen Local Base Kamakura (CLBK). Restoran yang berada di Kamakura tersebut mengambil nama salah satu model mobil unik yang diproduksi Daihatsu Motor Company (DMC) Ltd. Copen merupakan kei-car roadster dua pintu dengan mesin 660 cc, yang harganya di Jepang sekitar Rp200 juta dan Indonesia mencapai Rp435 jutaan. Di restoran berdekorasi art-deco yang diresmikan pada September 2014 ini, terdapat satu unit Copen diparkir di bagian utama kafe. Kafe yang tampil dengan nuansa modern ini menampilkan berbagai menu Western, seperti spageti, hamburger, hotdog, pastry, dan menu Barat lain.

Branch Manager CLBK Toru Sato mengutarakan konsep CLBK ialah ‘love local’, yaitu mengekspresikan restoran dan mobil yang dicintai komunitas lokal, berkolaborasi dengan pelanggan dan masyarakat setempat. “Tujuan kami adalah menjadi role model dan pemimpin di bidang customer relation untuk diler-diler di seluruh Jepang, yaitu perusahaan yang mencintai dan dicintai penduduk lokal,” ucap Sato. Untuk mewujudkan tujuan tersebut diciptakan tiga aktivitas spesifik. Pertama, menciptakan gerai sebagai pusat komunitas pemilik mobil Daihatsu sekaligus untuk tempat pertemuan atau pesta khusus untuk pemilik Daihatsu.

Kedua, CLBK berfungsi sebagai kafe bagi para pemilik Copen atau pemilik mobil Daihatsu sehingga mereka bisa merasa bebas untuk bekunjung. Terakhir, berfungsi sebagai pusat kolaborasi dengan komunitas lokal. “Kami megadakan konser musik dengan mengundang pemain musik terkenal. Pada konser tersebut banyak penduduk lokal dan turis datang ke toko itu,” ujar Sato. Ada juga kegiatan pasar murah yang menjual produk lokal atau menyelenggarakan pameran lukisan ataupun test drive.

Memacu penjualan
Aktivitas tersebut sudah menjadi acara rutin di Kamakura dan sering diliput dan disiarkan banyak media, seperti televisi lokal, radio, majalah, dan lainnya. Melalui aktivitas tersebut ternyata mampu meningkatkan penjualan. Terkait dengan kemungkinan ada kafe sejenis CLBK di Indonesia, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengaku dirinya belum bisa menjelaskan. Namun, diakuinya konsep CLBK sangat bagus untuk mendekatkan dengan pelanggan.

Marketing Manager & CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso berharap konsep CLBK bisa diterapkan di Indonesia. “Keberadaan CLBK jelas bagus ya. Evaluasi dari tim DMC mudah-mudahan model seperti bisa diterapkan di Indonesia. Meski demikian, pelan-pelan, kami juga mengkreasi di kawasan BSD dengan Astra Biz yang melibatkan komunitas yang ada.”

Keberadaan CLBK mungkin menjadi bagian dari CSR-nya Daihatsu, tetapi di balik itu bisa menarik perhatian para calon konsumen untuk mengenal lebih dekat produk Daihatsu dan bisa menjadi contoh negara lain untuk mendekatkan diri dengan konsumen, tidak terkecuali Indonesia. (Ria/M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More