Teknologi Ciptakan Hewan Sesuai Keinginan

Penulis: Gurit Ady Suryo Pada: Sabtu, 09 Des 2017, 14:38 WIB Eksplorasi
Teknologi Ciptakan Hewan Sesuai Keinginan

THINKSTOCK

TEKNOLOGI baru saat ini memungkinkan manusia memiliki hewan ternak sesuai keinginannya. Teknik yang digunakan yaitu dengan melakukan metode modifikasi genetik.

Saat ini baru ada satu hewan telah melewati modifikasi genetik untuk dikonsumsi umat manusia, yaitu gen dari ikan salmon. Gen dari atlantic salmon itu telah diubah agar bisa berkembang biak lebih cepat. Proses modifikasinya sendiri memakan waktu lebih dari 20 tahun, hingga akhirnya dapat dikonsumsi di Kanada dan Amerika Serikat.

“Badan administrasi makanan dan obat-­obatan di AS telah meng­anggap sebagai produk yang aman,” ujar Dr Mark Tizard, ilmuwan senior dari badan peneliti CSIRO di Australia.

Saat ini sudah tersedia teknologi memodifikasi gen dengan lebih cepat, murah, dan akurat, jika dibandingkan dengan teknik modifikasi gen sebelumnya. Namanya CRISPR, kependekan dari clustered regularly interspaced short palindromic repeats.

“CRISPR dapat mengubah DNA dan genetik hewan ternak lebih cepat dan akurat,” ungkap Tizard. (ABC Science/Australiaplus.com/Grt/L-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More