KY Terima Usulan Calon Hakim Agung

Penulis: Ant/*/P-4 Pada: Jumat, 08 Des 2017, 09:21 WIB Polkam dan HAM
KY Terima Usulan Calon Hakim Agung

MI/MOHAMAD IRFAN

KOMISI Yudisial (KY) telah menerima sembilan usulan nama calon hakim agung. "Tiga orang jalur karier dan enam orang jalur nonkarier," ujar juru bicara KY Farid Wajdi di Jakarta, kemarin.

Berdasarkan jenis kamar yang dipilih, sebanyak empat orang memilih kamar perdata, empat orang memilih kamar pidana, dan satu orang memilih kamar militer.

"Kalau berdasarkan kategori jenis kelamin, terdiri atas 1 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Berdasarkan tingkat pendidikan, sebanyak satu orang bergelar master (S-2) dan delapan orang bergelar doktor (S-3)," ujar Farid.

KY mulai membuka penerimaan usulan pada 20 November lalu dan akan ditutup pada Selasa (12/12). Seleksi calon hakim agung Tahun 2017 periode II itu dilaksanakan untuk mengisi enam jabatan hakim agung.

"KY menekankan pada aspek kualitas dan integritas calon," tutur Farid.

Calon hakim agung diharapkan memiliki kemampuan hukum yang mumpuni dan terampil dalam menangani putusan. Dari sisi integritas, mereka harus memiliki rekam jejak yang baik, memiliki potensi independensi, akuntabilitas yang mapan, serta daya tahan terhadap godaan intervensi.

Ia menambahkan KY masih melakukan klarifikasi dan pemeriksaan rekam jejak 26 calon hakim adhoc Hubungan Industrial di lingkungan Mahkamah Agung (MA) untuk mendapatkan kebenaran data dan informasi mengenai rekam jejak calon.

Ketua MA Hatta Ali melantik 10 Ketua Pengadilan Tinggi atau Tingkat Banding dari Peradilan Umum, Peradilan Agama, dan Peradilan Militer di Gedung MA. "Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, hari ini Kamis 7 Desember 2017, saya melantik Saudara," ujar Hatta.

Menurut dia, ketua pengadilan tinggi harus menjadi teladan bagi para hakim lain dan melakukan serangkaian akselerasi dalam pembangunan di bidang hukum sekaligus memberikan kepercayaan kepada masyarakat.

Beberapa yang dilantik ialah Robinson Tarigan sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Sunaryo sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, Zaid Umar Bob Said sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Tanjung Karang, Setyawan Hartono sebagai Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More