Thailand Terpukau pada 10 Bali Baru

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Minggu, 03 Des 2017, 04:15 WIB Gaya Urban
Thailand Terpukau pada 10 Bali Baru

DOK.JAKARTA BANTENG RUGBY CLUB

CORAK bulu merak dan ekor yang mengembang memukau ratusan pasang bola mata di pelataran Central World, Bangkok, Thailand, Jumat (17/11) sore lalu. Lenggok penari dari Sanggar Amore Dance Malang dengan busana merak yang dikenakan membuka pergelaran Wonderful Indonesia Festival yang berlangsung selama tiga hari itu. Belum lagi, tabuhan rebana diiringi tarian dari Sanggar Bina Seni Tari Raksa Budaya dari Banten menambah riuh suasana.

"Wow, wonderful Indonesia," kata Janet, 31, wisatawan asal Inggris yang saat itu sudah empat hari melancong ke 'Negeri Gajah Putih'.

Acara yang digelar Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Thailand itu memang tengah menyasar turis di negara yang pada 2016 dikunjungi 32,58 juta wisatawan mancanegara (wisman) itu. Suguhan budaya serta beragam kuliner disajikan bagian dari promosi destinasi wisata Indonesia. "Selain destinasi Bali, Indonesia punya banyak pilihan untuk bisa dikunjungi. Pesona alam yang indah serta beragam budaya dan kulinernya bisa jadi pilihan wisatawan," kata Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar Vita Datau.

Pesona baru
Pemerintah Indonesia saat ini memang tengah menggencarkan promosi destinasi wisata menarik lainnya selain Bali atau yang dikenal dengan istilah '10 Bali Baru'. Destinasi tersebut yakni Danau Toba (Sumatra Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Gunung Bromo & Gunung Semeru (Jawa Timur), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), dan Kepulauan Seribu (DKI Jakarta)

"Saya suka Bali, tapi Bromo sepertinya menarik," kata Katsu Otsaka, 28, wisatawan asal Jepang.

Pengunjung juga diajak terlibat aktif dalam beberapa sesi, seperti workshop membuat boneka dari kertas oleh Papermoon Puppet Theatre serta keramik Dinoyo dari Malang dengan workshop melukis keramik.

Bromo, Borobudur, jadi favorit
Letak geografis serta kemiripan budaya di Thailand menjadikan Bromo dan Borobudur menjadi destinasi favorit wisatawan. Thailand diketahui tidak memiliki gunung yang membuat panorama Bromo kerap disebut wisatawan di Thailand. Sementara itu, kemegahan Candi Borobudur menjadi pilihan lantaran kuil di Thailand jadi destinasi favorit wisatawan. "Dari survei kami ternyata banyak usia produktif warga Thailand yang tertarik dengan Bromo di Indonesia karena mereka kan tidak terdapat gunung di sini, dan kemudian ada Candi Borobudur juga yang diminati," kata Yan Permana, Kepala Subbidang Festival Kuliner & Musik Kementerian Pariwisata.

Yan menambahkan ada banyak paket wisata menarik yang jadi pilihan wisatawan yang berkunjung ke Thailand untuk melanjutkan trip ke Indonesia, mulai bundling keindahan alam, kuliner, belanja, hingga wisata religi, semua ada. "Mau buy one get three, kita punya Jakarta-Banten-Bandung dan Yogyakarta-Solo-Semarang. Buy one get two, ada Bali-Lombok. Semuanya keren-keren. Biasanya destinasi-destinasi itu yang paling banyak diburu wisman dan ekspatriat yang ada di Thailand," sambung Yan.

Untuk rute Bangkok-Jakarta saja, ada Garuda Indonesia yang sudah mengawal dengan frekuensi 21 kali per minggu. Itu setara dengan 176.904 kursi per tahun. Indonesia Air Asia lain lagi, rute Don Mueang-Jakarta sudah dijelajahi 14 kali per minggu dengan 131.040 kursi per tahun. Satu setrip di bawahnya, ada rute Don Mueang-Bali yang dijelajahi dengan frekuensi 4 kali per minggu.

Terus bertumbuh
Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi menilai keindahan destinasi wisata di Indonesia sangat berpotensi menarik wisman di Thailand. "Di 2016 saja, kunjungan wisman Thailand lebih dari 32 juta. Kalau kita dapat 10%-nya saja sudah sangat bagus. Saya lihat trennya sedang menuju ke sana," ungkapnya. Untuk mendukung itu, Kementerian Pariwisata di tempat yang sama menggaet anak-anak muda yang dimotori Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha) untuk mempromosikan destinasi wisata di Thailand. Mereka dilantik menjadi pengurus Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Thailand.

"Kami mengajak teman-teman untuk bergabung di GenWI Thailand untuk promosikan destinasi wisata Indonesia dengan kreatif. Salahsatunya dengan memanfaatkan media sosial," kata Sekretaris Menteri Pariwisata Ukus Kuswara, di sela launching GenWI Thailand Selain Thailand, sebelumnya Kemenpar telah membentuk GenWI di tiga negara, yaitu Tiongkok, Malaysia, dan Singapura. (M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More