Kisah Keluarga Indonesia Selamatkan Bayi Yahudi

Penulis: Riz/X-7 Pada: Minggu, 03 Des 2017, 00:50 WIB Hiburan
Kisah Keluarga Indonesia Selamatkan Bayi Yahudi

DOK. FILM

FILM berjudul Nina Bobo untuk Bobby ialah film mengharukan. Film itu menceritakan sulitnya hidup kaum Yahudi pada saat Nazi Jerman mulai menguasai Eropa. Film dokumenter berdurasi 30 menit tersebut dituturkan sang bayi Yahudi yang berhasil selamat bernama Alfred Munzer. Ia selamat karena bantuan keluarga Indonesia di Belanda yang dengan sukarela mengasuhnya pada waktu itu. Selama 4 tahun Alfred diasuh keluarga Indonesia tersebut. Film itu menampilkan testimoni yang disampaikan Alfred Munzer yang saat ini berusia 75 tahun. Kisah pengalamannya itu digambarkan dengan kombinasi animasi yang menggambarkan setiap kejadian.

Berlatar belakang era 1941, ibu Alfred Munzer yang bernama Gisele Munzer harus rela menitipkan tiga buah hatinya kepada tetangga-tetangga terdekatnya guna menyelamatkan mereka dari holocaust yang dilakukan Nazi saat menguasai wilayah Belanda. Ayah Alfred bersembunyi di rumah sakit jiwa dan menyamar menjadi pasien guna menyelamatkan diri. Gisele pun membagi ketiga anaknya tersebut, 2 anak perempuannya, yakni kakak Alfred, dititipkan kepada tetangganya yang merupakan keluarga Katolik, sedangkan Alfred dititipkan ke tetangganya yang berbeda. Namun, ternyata Alfred diberikan kepada mantan suami tetangganya untuk diasuh yang ternyata pria Indonesia bernama Tole Madna.

Tole Madna hidup bersama 3 anaknya (Willie, Dewi, dan Robby) serta asisten rumah tangga yang bernama Mima Saina. Keberanian Tole Madna dalam menyelamatkan Alfred patut diapresiasi. Melindungi Yahudi pada saat itu sangat berisiko. Jika tentara Nazi memeriksa rumah Tole, Alfred selalu disembunyikan di loteng. Bahkan, Tole memberi nama baru bagi Alfred, yaitu Bobby, untuk menyamarkan namanya saat dipanggil karena mirip nama anaknya, Robby. Tidak banyak hal yang dapat diingat Alfred, salah satu yang paling membekas ialah lagu Nina Bobo yang selalu dinyanyikan Mima Saina sebagai pengantar tidurnya. Setelah perang selesai, Alfred pun kembali tinggal bersama ibunya yang ternyata selamat.

Meskipun begitu, Alfred tetap menjalin hubungan baik dengan keluarga Tole. Atas keberanian Tole Madna dan Mima Saina yang melindungi dan mengasuhnya selama 4 tahun tersebut, komunitas Yahudi memahat nama mereka dalam daftar The Righteous Among the Nations di Yerusalem dan Garden of The Righteous Monument di Washington DC. Film Nina Bobo untuk Bobby ialah salah 1 dari 13 film yang diputar pada Tolerance Film Festival, 14-17 November, di Institut Francais Indonesia. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Toleransi Internasional yang jatuh setiap 16 November.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More