Cahaya Malam dan Risiko

Penulis: AP/Hde/X-5 Pada: Rabu, 29 Nov 2017, 06:37 WIB Sela
Cahaya Malam dan Risiko

DUTA

SUASANA malam hari di hampir sebagian besar belahan dunia kini kian benderang. Kondisi itu justru kabar buruk bagi semua makhluk hidup. "Pada manusia, tidur bisa terhambat sehingga mengganggu kesehatan," ujar ketua tim studi Christopher Kyba dari The GFZ German Research Center for Geosciences yang dipublikasikan di Science Advances, baru-baru ini.

Observasi satelit selama lima tahun hingga Oktober lalu menunjukkan pencahayaan luar ruang di Bumi naik 2% dari 2012 hingga 2016. Kyaba menambahkan, dampak buruk lainnya ialah gangguan terhadap migrasi dan reproduksi burung, ikan, amfibi, insektisida, dan kelelawar. Tanaman juga tumbuh tidak normal. Jika kondisi itu berlanjut, jangan harap lagi bisa menyaksikan keindahan galaksi Bimasakti.

Franz Holker dari Leibniz Institute of Freshwater Ecology and Inland Fisheries di Berlin mengatakan situasi kini di titik kritis. "Banyak orang menggunakan lampu pada malam hari tanpa menimbang dengan masak ongkosnya. Bukan hanya ekonomi, melainkan biaya yang harus ditanggung juga dari perspektif ekologi dan lingkungan," ujarnya.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More