Makan Es Krim agar Sehat dan Mendukung Petani

Penulis: Iis Zatnika Pada: Minggu, 26 Nov 2017, 11:04 WIB MI Anak
Makan Es Krim agar Sehat dan Mendukung Petani

Di pabrik Campina, selain proses produksi, juga dilakukan kegiatan penelitian untuk memastikan kualitas es krim yang diproduksi---MI/Iis Zatnika

Es krim bukan sekadar camilan enak, tapi juga ada manfaat kesehatan dan kebanggaan pada produksi Indonesia.

Mesin-mesin itu tampak sangat sibuk, berputar, mengaduk hingga mengemas. Namun, bukan cuma mesin-mesin canggih itu yang jadi perhatian Medi, melainkan produk yang tengah mereka hasilkan favorit semua anak. Ya, es krim.

Medi mengunjungi langsung pabrik PT Campina Ice Cream Industry di Surabaya, Jawa Timur. Menggunakan penutup kepala dan perlengkapan lain untuk menjamin higienitas atau kebersihan, Medi dan anak-anak dari beberapa sekolah di Surabaya dan Sidoarjo yang hari itu juga melakukan kunjungan, hanya diperkenankan melihat dari kaca, tentunya, agar tak mengganggu kelancaran dan kebersihan proses produksi.

Serbavegetarian
Ada pula cerita tentang sejarah perusahaan di ruangan teater serta yang paling istimewa dan unik, Medi diajak mengunjungi kantin, tempat para karyawan Campina makan siang. Di sana ada kulkas yang berisi aneka jenis es krim. Medi serta para karyawan bisa mengambil dan menyantap aneka es krim itu. Namun, yang paling menarik justru menu makanan yang terhidang di sana.

Semuanya vegetarian, atau hanya mengandung sayuran, tanpa protein hewani. Namun, bukan berarti enggak enak lo. Medi yang diajak mencicipi makan siang di sana ikut menyantap lauk dari kedelai yang diolah menyerupai daging. Hmmm, enak lo!

Tak kalah istimewanya, aturan makan yang berlaku di sana, tak boleh menyisakan sedikit pun walau sebutir nasi atau sepotong lauk. Ya, ada kamera yang mengawasi di sana. Medi pun dengan bersemangat menyantap semua menu yang terhidang, selain agar aman dari kamera pengawas, memang makanannya enak!

Berusia 45 tahun
Pabrik itu didirikan pada 1972 oleh Bapak Darmo Hadipranoto beserta istri yang sebagian keluarganya vegetarian, untuk alasan lingkungan dan kesehatan. Ternyata salah satu gaya hidup sehat itu kini juga diperkenalkan pada konsumennya.

"Kami memiliki varian LuVe yang berasal dari protein soya, bukan seperti biasanya es krim yang dibuat dari susu sapi. Kini ada dua varian rasa baru yang sedap, vanila brownies stroberi dan cokelat," kata Pak Adji Andjono, National Sales and Marketing Manager PT Campina Ice Cream Industry dalam acara peluncuran kedua rasa baru itu di Jakarta, Sabtu (11/11). Peluncuran itu dilakukan berbarengan dengan Namaste Festival 2017, yang menjadi ajang pertemuan penyuka olahraga yoga.

Walaupun rendah kalori dan lemak, kata Pak Adji, LuVe tetap kaya gizi buat anak-anak karena kandungan protein soya yang dikandungnya.

Saat mengunjungi pabrik es krim ini yang awalnya dijajakan dengan sepeda itu, Medi menyaksikan truk datang silih berganti membawa kelapa hingga aneka buah segar yang jadi bahan bakunya. Jadi, saat kita menyuap atau menjilat es krimnya, sobat Medi juga mendukung bapak-bapak petani. (*/M-1)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More