Sarat Pesan Moral Keluarga

Penulis: Riz/X-7 Pada: Minggu, 26 Nov 2017, 00:46 WIB Film
Sarat Pesan Moral Keluarga

DOK. DISNEY

SEPERTI halnya film Moana yang mengangkat kebudayaan Polinesia (Hawaii), kali ini Disney mencoba mengeksplorasi kebudayaan Meksiko lewat film animasi Coco.

Film tersebut menceritakan bocah laki-laki berusia 12 tahun bernama Miguel (Anthony Gonzalez) yang bercita-cita menjadi musikus. Padahal, keluarganya turun-temurun ialah pembuat sepatu yang terkenal.

Keinginan kuat Miguel menjadi musikus tak lepas dari pengaruh Ernesto de la Cruz (Benjamin Bratt) yang merupakan musikus terkenal dan melegenda di kota tersebut. Miguel pun berharap dapat menjadi musikus besar seperti idolanya itu.

Dalam film garapan kolaborasi Disney dan Pixar tersebut, Coco mencoba memperkenalkan sebuah tradisi unik dari Meksiko, yaitu Dia de Muertos (sebuah hari yang dispesialkan untuk mengenang para anggota keluarga yang meninggal). Pada Dia de Muertos, arwah-arwah pendahulu akan datang ke dunia orang-orang hidup (land of the living) dari dunia para arwah (land of the dead).

Namun, para arwah yang dapat kembali ke dunia orang hidup hanya mereka yang foto-fotonya dipajang anggota keluarga. Di saat perayaan Dia de Muertos itulah Miguel menyeberang ke dunia arwah dengan cara mencuri gitar legendaris milik mendiang idolanya, Ernesto de la Cruz.
Tak disangka di dunia arwah, Miguel pun bertemu dengan para anggota keluarganya yang sudah meninggal serta mampu menguak rahasia keluarga yang selama ini dikubur dalam-dalam oleh nenek buyutnya.

Coco adalah film animasi penuh pesan moral yang menyentuh hati, nilai-nilai tradisi dalam keluarga, serta penghormatan untuk budaya Meksiko.
Pesan-pesan moral tersebut terbungkus apik oleh kreasi imajinasi Pixar Animation Studios yang meĀ­ngagumkan. Detail-detail dalam film tersaji amat apik, ditambah permainan warna yang cantik, membuat Coco wajib dinikmati bersama keluarga.

Untuk dapat menyajikan kebudayaan Meksiko dengan baik, Disney dan Pixar sudah meneliti hingga Meksiko sejak 2011. Mereka kemudian menggandeng konsultan budaya untuk dapat mempelajari lebih dalam mengenai seni, film, dan musik khas Meksiko, serta berinteraksi langsung dengan penduduk lokal. (Riz/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More