Game Tiang Listrik untuk Riset Pemasaran

Penulis: Agus Utantoro/X-5 Pada: Senin, 20 Nov 2017, 08:08 WIB Hiburan
Game Tiang Listrik untuk Riset Pemasaran

PLAYSTORE

KREATIVITAS bisa muncul tiba-tiba atau karena sebuah peristiwa yang menjadi perhatian umum.

Misalnya kecelakaan lalu lintas yang dialami Ketua DPR Setya Novanto. Peristiwa yang menimpa Setya Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar tersebut menginspirasi pemuda Yogyakarta bernama Frida Dwi untuk membuat game (gim) yang menarik.

Novanto, tersangka kasus korupsi KTP-E yang diduga merugikan negara Rp2,3 triliun, mengalami kecelakaan pada Kamis (16/11) sore di Jakarta.

Mobil yang ia tumpangi menabrak tiang listrik di pinggir jalan sehingga mengakibatkannya dirawat di rumah sakit.

Firda Dwi, 32, membuat gim bertema tiang listrik hanya dalam rentang waktu 7 jam dari kejadian.

Sejak diluncurkan pada Jumat (17/11) hingga kemarin pukul 09.00 WIB, gim satire kasus Novanto itu telah diunduh lebih dari 120 ribu pengguna.

Frida Dwi, yang berkreasi dibantu temannya, Estu Galih, 30, mengaku peristiwa itu merupakan peluang bagus untuk menuangkan ide digitalnya.

"Ide ini muncul saat tiang listrik menjadi trending topic di media sosial pada Kamis malam lalu," kata Frida Dwi di Yogyakarta, kemarin.

Saat dirilis pertama kali, kata Frida, gim itu tidak memiliki suara karena mengejar target agar tidak didahului programmer lain.

Tidak hanya itu, kecepatan merilis itu juga dijadikan sebagai riset pasar buat kajian komunitas gim di Indonesia.

Setelah gim dirilis, baru dilakukan pembenahan, seperti memasukkan suara dan bugs fixing atau memperbaiki detail yang eror.

Frida menjelaskan pada awalnya gim dibuat sesederhana mungkin. Gim itu menggunakan dua scene. Ia melakukan coding, sedangkan Estu Galih mendesain visual game.

Menurutnya, gim itu hanya bisa diunduh dari ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Android.

Itu sengaja dilakukan karena jika dibuat untuk sistem IOS, diperlukan verifikasi yang memakan waktu tiga hari.

Terkait dengan riset, Frida menjelaskan itu diperlukan sebagai kajian untuk mengetahui dinamika gim yang dibuat berdasarkan momentum dan mengetahui berapa lama bisa bertahan.

"Sebagai riset pemasaran, ini bisa jadi acuan teman-teman komunitas yang ingin membuat game profesional, tapi minim anggaran promosi," ujar Frida, lulusan D-1 jurusan desain grafis, yang memulai pekerjaan sebagai game developer sejak 2007.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More