Superhero Bersatu Selamatkan Bumi

Penulis: Ferdian Ananda Majni Pada: Minggu, 19 Nov 2017, 00:16 WIB Film
Superhero Bersatu Selamatkan Bumi

DOK. WARNER BROS PICTURES

JIKA Anda penggemar tokoh superhero komik asal Amerika, sepertinya film Justice League menjadi tontonan wajib. Pasalnya, The Avengers besutan Marvel Studios sukses dengan menyatukan superhero dalam satu film. Kini giliran DC Comics melakukan gebrakan dan mempertemukan superhero andalan mereka dalam Justice League.

Justice League bercerita tentang bumi dan masa depannya setelah Superman (Henry Cavill) meninggal. Kejahatan merajalela dan bumi dalam ancaman bahaya. Media massa ramai-rama memberitakan kematian Superman dan masyarakat putus asa.

Di lain sisi, kebangkitan Steppenwolf bersama pasukan Parademons petanda ancaman itu dimulai. Mereka mencari tiga Mother Boxes di tiga tempat berbeda. Sebelumnya, pimpinan tiga suku sepakat untuk mengamankan Mother Boxes agar kekuatannya tidak disalahgunakan.

Steppenwolf menyadarinya, untuk berkuasa dan mengendalikan tiga suku itu. Ia harus menemukan Mother Boxes. Jika Mother Boxes disatukan, semesta akan musnah dan hancur sehingga kekuatannya bertambah.

Steppenwolf muncul dan mengejutkan para penjaga suku Amazon, ketika menyalanya kotak kekuatan mahadahsyat itu. Perlawanan sengit terjadi, suku Amazon berjibaku melawan pasukan Parademons yang dipimpin Steppenwolf.

Queen Hippolyta, pemimpin suku Amazon sekaligus ibu Wonder Woman, tak mampu mempertahankan kotak tersebut. Ia pun menyalakan api, menandakan kebangkitan Steppenwolf dan meminta bantuan Wonder Woman.

Steppenwolf mendapatkan kotak pertama, pencariannya berlanjut ke suku Atlantic. Upaya yang sama dilakukan, suku Atlantic mencegah pencurian Mother Boxes. Bahkan, Aquaman yang turut bertarung tidak mampu menandingi kekuatan Steppenwolf. Hingga Mother Boxes beralih tangan.

Steppenwolf tinggal menemukan kotak ketiga, ia memerintahkan seluruh Parademons untuk mencarinya di bumi. Ia menyandera orang-orang, mengancam dan membunuh untuk mendapatkan Mother Boxes terakhir. Pencarian pemilik kekuatan super pun dimulai. Batman menyusup ke gudang rahasia Flash dan mengajaknya. Kemudian, ia juga berhasil membujuk Aquaman. Selanjutnya Wonder Woman pun berhasil meyakinkan Cyborg untuk ikut bersama mereka.

Kejutan Justice League

Tentunya, Justice League memberikan kejutan. Mulai dari munculnya Aquaman dan kebangkitan Superman dari kematian sehingga menjadi kunci kemenangan mereka atas Steppenwolf.

Sebelumnya, kematian Superman diceritakan dalam film Batman v Superman. Para superhero DC pun melanjutkan hidup dengan kesibukan dan kegiatan masing-masing. Bumi mulai terancam, dengan datangnya serangan dari Steppenwolf. Batman pun berhasil mengumpulkan orang-orang terpilih bergabung dengan timnya.

Persatuan lima kekuatan super itu juga belum dapat mengalahkan Steppenwolf. Kekuatan-kekuatan superhero tidak mampu mengimbangi kehebatan yang dimiliki Steppenwolf. Batman memiliki ide untuk menghidupkan kembali Superman agar membantu mereka. Setelah Superman hidup, mereka tidak langsung meminta bantuannya karena dendam pada Batman, seperti kisah di film sebelumnya. Superman memilih bertarung dan menuntaskan dendamnya dengan Batman.

Kelima superhero itu juga bertarung melawan superman dengan kekuatan masing-masing. Mereka menghentikan upaya balas dendam Superman. Meski demikian, keterlibatan beberapa superhero di Justice League, seperti Batman, Superman, Wonder Woman, Aquaman, Cyborg, dan The Flash, dalam setiap adegan tidak cukup seimbang.

Sebagai ketua tim, peran Batman pasti menonjol. Ia terlihat sangat berpengaruh dan hampir ada dalam setiap adegan film ini. Begitu juga ada bagian film yang menceritakan masa lalunya dengan Superman. Sebelum akhirnya, ia memutuskan untuk menghidupkan kembali Superman.

Begitu juga, Wonder Woman diceritakan memiliki dendam tersendiri dengan Steppenwolf. Pertarungan dengan suku Amazon, Steppenwolf telah membunuh saudara Wonder Woman, Themyscira. Adegan perkelahian di antara keduanya pun sangat mendominasi. Wonder Woman berhasrat membunuh Steppenwolf dengan pedangnya.

Kisah hidup Superman banyak diceritakan untuk menguatkan karakternya. Bahkan saat scene Batman pun sering kali memunculkan Superman meskipun Superman tidak ikut berjuang sejak awal film. Hanya Superman yang dipilih untuk menggakhiri happy ending film ini. Superman mampu mengalahkan Steppenwolf dengan kekuatannya. Hanya seorang diri, setelah superhero lainnya kewalahan. Aksi superhero Hollywood itu menjadi film perdana yang diputar di bioskop IMAX Breeze XXI. Film berdurasi 2 jam 1 menit ini menampilkan efek visual menghipnosis mata penonton. Bahkan, kombinasi teknologi DMR (digital re-mastering) semakin membuat setiap scene terasa nyata.

Sekretaris Cinema XXI, Catherine Keng, Selasa (14/11) mengatakan keseruan muncul dari pengalaman pertama menonton Justice League di IMAX. Penonton seperti ikut bertarung dengan para superhero layaknya cerita dalam komik. Pasalnya, perpaduan presentasi gambar IMAX terasa nyata dan visualisasi unik Justice League.

"Keseruan lain tercipta berkat tata suara. Efek menggelegar membuat beberapa adegan Justice League terlihat menegangkan. Tata suara juga efektif membangkitkan semangat. Penonton turut antusias ketika backsound pertarungan superhero Justice League," kata dia. (M-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More