ASEAN, Tiongkok Tentukan Waktu Perundingan CoC

Penulis: Rudy Polycarpus Pada: Selasa, 14 Nov 2017, 23:38 WIB Internasional
ASEAN, Tiongkok Tentukan Waktu Perundingan CoC

ilustrasi

TIONGKOK sepakat untuk memulai pembicaraan mengenai pedoman kawasan untuk konflik di Laut China Selatan (LCS).

Perundingan dua pihak itu akan membahas kode perilaku (code of conduct/CoC) yang substantif dan efektif, berlandaskan kerangka yang telah disepakati pada Agustus lalu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, Singapura yang ditunjuk sebagai koordinator pertemuan ASEAN-Tiongkok, akan menentukan tanggal pembahasan. Semua pemimpin menekankan pentingnya segera dimulai negosiasi CoC di LCS.

"Jadi kemarin leaders sudah sepakat bahwa negosiasi CoC dimulai, berarti sekarang tinggal proses memulainya kapan dan sebagainya. Kita akan dorong agar finalisasi dari negosiasi itu perlu terus diupayakan," ujar Retno di Hotel Diamond, Manila tempat delegasi Indonesia menginap selama KTT ASEAN.

Terpisah, juru bicara Kementerian Luar Negeri Filipina Bolivar mengatakan, kerja sama itu penting untuk mempertahankan perdamaian, stabilitas, kebebasan navigasi di dan di atas LCS, sejalan dengan hukum internasional.

"Menjadi kepentingan bersama kita untuk menghindari salah perhitungan yang bisa menyebabkan peningkatan ketegangan," tandasnya. (OL-4)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More