Entrepreneur Week, Mendidik Mahasiswa Jadi Pebisnis Baru

Penulis: Micom Pada: Selasa, 14 Nov 2017, 17:58 WIB Ekonomi
Entrepreneur Week, Mendidik Mahasiswa Jadi Pebisnis Baru

Ist

TURUNNYA daya beli masyarakat di sektor konsumsi sesungguhnya hanyalah sebuah pergeseran daya beli dari produk-produk konvensional yang biasa didapat di toko atau mal ke sistem penjualan online. Namun patut disayangkan produk yang dijual melalui online banyak yang merupakan produk luar negeri.

“Ini menjadi dilema, produk luar negeri yang dibeli melalui online sulit untuk didapatkan pajaknya karena bisnis ini belum ada yang mengatur. Transaksi online meningkat tapi pajak menurun," kata Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara (FE Untar) Sawidji Widoatmodjo saat memberi sambutan pada pembukaan Entrepreneur Week ke-10, Jumat (10/11) lalu di Main Atrium Baywalk Mall, Jakarta.

Ditambahkan Sawidji, untuk menandingi produk luar negeri caranya dengan mendidik masyarakat menggunakan produk lokal. "Karena itulah tema Entrepreneur Week yakni Implementing Local Genius Through Entrepreneurial Spirit' ini sangat relevan," imbuhnya.

Senada, Rektor Untar Agustinus Purna Irawan saat membuka Entrepreneur Week ke 10 ini mengatakan Untar sebagai perguruan tinggi yang memiliki ciri entrepreneurial sudah selayaknya menghasilkan pebisnis-pebisnis baru yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Kegiatan yang dilakukan ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam mencari jalan keluar masalah pengangguran yaitu dengan membuka lapangan pekerjaan baru. Ini juga bentuk nyata dari implementasi proses pembelajaran di Untar yang dapat memberi manfaat bagi masyarakat”, kata rektor.

Entrepreneur Week merupakan kegiatan di Untar yang memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam berwirausaha serta memamerkan dan menjual produk dari bisnis yang mereka kembangkan.

Melalui ajang ini, mahasiswa diberi kesempatan mempraktikkan berbagai konsep entrepreneurship, menampilkan business prototype-nya kepada khalayak ramai dan bersimulasi di dalam lingkungan bisnis yang sesungguhnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari 10-12 November 2017 di Main Atrium Baywalk Mall tersebut, mahasiswa berpameran dan melakukan berbagai aktivitas sebagaimana layaknya seorang entrepreneur.

Sedangkan tema 'Implementing Local Genius Through Entrepreneurial Spirit' dipilih untuk membangun semangat kebangsaan bagi mahasiswa dalam berwirausaha dengan berlandaskan kearifan budaya lokal yang begitu kaya dan beragam. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More