Yang Perlu Diperhatikan Tahapan Dalam Memanjat

Penulis: Rio/M-3 Pada: Minggu, 05 Nov 2017, 05:31 WIB Weekend
Yang Perlu Diperhatikan Tahapan Dalam Memanjat

DOK. TREE CLIMBERS INDONESIA

Periksa kembali peralatan

WAJIB membawa tali pengaman pada saat pemanjatan. Buat anchor yang kuat dan periksa kembali simpul yang digunakan. Kalau bisa buat double anchor dan pasang carabiner double atau gunakan maillon delta/demi rond untuk keamanan.

Prapemanjatan

Dalam memulai suatu pemanjatan pohon kita harus mempersiapkan atau merencanakan kegiatan pemanjatan. Survei pohon merupakan bagian dari perencanaan, jadi sebelum memanjat sebaiknya lihat dahulu kondisi pohon. Misalkan pohon bercabang atau bebas cabang, diameter, ketinggian, ada tumbuhan tidak yang menempel di pohon.

Sebab hal ini akan memengaruhi teknik pemanjatan. Lebih baik lagi kita tahu tentang nama jenis pohon sehingga kita bisa mengidentifi kasi dasar sehingga kita tahu termasuk kayu keras atau tidak.

Instalasi alat

Mempersiapkan peralatan yang akan kita panjat. Setelah tahap survei dan cek pohon sehingga alat yang kita bawa tidak terlalu banyak. Cek juga kondisi kelayakan. Tidak lupa pisahkan set peralatan untuk throwing, alat naik, alat turun, anchor dan lain-lain.

Pemanjatan

Dalam suatu tim pemanjatan pohon harus ada seorang pemimpin (leader) untuk memulai pemanjatan. Bagi pemanjat, teknik merupakan hal yang berguna untuk menghemat tenaga. Jadi tidak langsung memanjat tanpa memikirkan teknik yang akan dilakukan.

Buatlah tempat jangkar secara kuat apabila memulai pemanjatan dan periksa lagi peralatan untuk pemanjatan awal, tidak lupa pula bawa alat pengaman tubuh dan alat turun. Setelah diatas pohon, tidak lupa kita pasang pengaman tubuh. Kita bisa buat anchor atas sesuai kebutuhan untuk tim yang akan naik selanjutnya.

Setelah selesai melakukan pemanjatan kita tidak boleh meninggalkan alat diatas (clearing). Apalagi sampai merusak pohon.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More