Fachmi Idris - Senam Sejenak

Penulis: Zuq/M-3 Pada: Minggu, 29 Okt 2017, 08:19 WIB WAWANCARA
Fachmi Idris - Senam Sejenak

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris bersama karyawan BPJS melakukan senam ringan. -- MI/Adam Dwi

Di tengah wawancara yang berlangsung siang hari itu, tiba-tiba obrolan dihentikan. Direktur Uta­ma BPJS Kesehatan Fachmi Idris kemudian mengajak kami keluar ruangan pertemuan tempat wawancara menuju ruang resepsionis yang berjarak hanya beberapa langkah.

“Ayo, Mas, kita senam dulu,” ujar Fachmi dengan ramah. Rupanya setiap pukul 14.00 WIB, segenap karyawan BPJS-Kes harus melaksanakan senam bernama Senam Sehat Bugar. Kewajiban itu dibuat Fachmi sejak dua tahun lalu dan diikuti dirinya dengan disiplin.

“Ayo, Mas, juga ikut, nanti kalau Media Group mau tak kirimi juga copy-nya,” tambah Fachmi seraya bersiap mengikuti video yang diputar di layar komputer di ruang resepsionis itu. Gerakan-gerakan senam memang sudah dibuat dalam bentuk video dan disiarkan di layar-layar komputer. Gerakan senamnya sendiri cukup sederhana dan hanya berlangsung selama 3 menit.

Selama mengikuti senam bersama dengan petugas resepsionis, humas, dan sekretaris itu, Fachmi tidak jarang melempar candaan kepada kami. “Yang enggak pede enggak usah tinggi-tinggi tangannya,” canda pria kelahiran Palembang, 49 tahun lalu itu, saat gerakan mengangkat tangan.

Fachmi menjelaskan senam sejenak sengaja dibuat untuk meregangkan otot-otot dan saraf karena seharian bekerja. Dengan gerakan-gerakan sederhana itu, selain tubuh akan lebih rileks, pikiran bisa kembali segar.
Meski dikejar setumpuk pekerjaan, Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang, itu tampaknya memang tetap bisa menyeimbangkan pikiran. Pembawaannya pun ramah dan hangat.

Tidak hanya itu, suami dokter Rini Purnamasari dan bapak tiga anak itu juga perhatian terhadap berbagai hal. Bahkan ia pun sempat memperhatikan casing ponsel Media Indonesia yang bergambar band The Beatles.

Membuktikan dirinya sebagai penggemar the Beatles, Fachmi pun lancar menyebutkan nama-nama personel band asal Inggris itu dan lagu-lagu mereka. Dengan ketelitian dan kehangatan itu pula Fachmi menjalani tanggung jawabnya sebagai tampuk pimpinan salah satu program unggulan pemerintah dalam layanan kesehatan. (Zuq/M-3)

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More