Sepenggal Keramahan Kota

Penulis: Sumaryanto Bronto Pada: Sabtu, 28 Okt 2017, 23:31 WIB Foto
Sepenggal Keramahan Kota

GIRI WIJAYANTO, JUARA 1, YOGYAKARTA

KOTA kerap bagai gula sekaligus juga racun. Segala daya tarik ekonomi dan modernitas membuatnya jadi idaman banyak orang.

Di sisi lain, lahan yang terbatas dan biaya yang serbamahal membuat kenyamanan di perkotaan seolah hanya untuk orang berpunya. Sementara itu, bagi masyarakat kelas bawah, menikmati leluasanya ruang terbuka seperti hanya angan-angan.

Padahal, itu tidak selamanya tepat. Pemerintah kota maupun pusat terus berupaya menghadirkan kota yang ramah bagi semua orang.

Kenyamanan sudut-sudut kota tersebut tergambar dari sejumlah foto yang menjadi juara dalam lomba foto Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia yang diselenggarakan Komunitas Foto Dari Balik Lensa Media Indonesia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Tema lomba yang diadakan ialah Mewujudkan kota yang ramah bagi semua.

Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan Lukman Hakim, yang menjadi salah satu juri lomba foto ini, mengatakan foto-foto hasil penjurian ini ingin menyampaikan pesan bahwa kota adalah tempat untuk semua kalangan. "Kota ini untuk semua. Bukan untuk orang kaya saja. Untuk semuanya," ujar Lukman di Jakarta, Senin (23/10).

Kepala Divisi Foto dan Artistik Media Indonesia Hariyanto, yang juga menjadi juri, mengatakan tujuan dari lomba foto ini ialah untuk memberi tahu kepada publik bahwa kota bisa dijadikan tempat nyaman bagi semua kalangan terutama memfasilitasi kaum disabilitas dan berkebutuhan khusus.

"Kota itu ramah buat semuanya, termasuk kepada orang-orang yang berkebutuhan khusus itu mendapatkan tempat. Kota itu menjadi tempat yang layak bagi para penghuninya untuk bersosialisasi," kata Hariyanto.

Selain memperhatikan pesan yang disampaikan melalui foto, juri yang lain, Kepala Divisi Pemberitaan Foto LKBN Antara Hermanus Prihatna, mengatakan teknik pengambilan gambar pun diperhatikan.

Dari hasil penjurian terkumpul 3.264 foto dari 734 peserta. Itu kemudian disaring menjadi 13 foto, 10 foto nominasi, dan 3 foto pemenang. Sebanyak 40 foto akan ditampilkan dalam pameran.

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More