Teknik Mengendalikan Mimpi

Penulis: Hanif Gusman Pada: Sabtu, 28 Okt 2017, 10:00 WIB Eksplorasi
Teknik Mengendalikan Mimpi

SHUTTERSTOCK

SEBUAH penelitian terbaru berhasil menemukan teknik merangsang lucid dream untuk pertama kali­nya yang mungkin lebih efektif jika dikombinasikan dengan orang lain. Penelitian tersebut menghasilkan lebih dari separuh pesertanya mengalami lucid dream dalam percobaan selama seminggu.

Lucid dream merupakan sebuah istilah saat kondisi si pemimpi sadar bahwa ia sedang bermimpi. Si pemimpi juga memiliki kontrol terhadap keberjalanan mimpinya tersebut. Lucid dream sebelumnya dianggap hanyalah sebuah mitos setelah dunia sains mengonfirmasi hal tersebut dan ditemukan teknik untuk mengendalikan mimpi tersebut.

Mimpi tersebut bisa dikendalikan melalui peralatan canggih. Namun, sebagian orang bisa mengendalikannya sendiri. Hal tersebut dianggap sebagai alat potensial untuk menyembuhkan trauma dan mengendalikan perilaku tidak sehat.

Dr Denholm Aspy dari University of Adelaide sebagai peneliti melibatkan sekitar 169 peserta dalam pengembangan teknik untuk merangsang lucid dream tersebut. Salah satunya ialah tes realitas yang membuat orang terbiasa memeriksa untuk memastikan kalau mereka sudah benar-benar terjaga.

Tes lain ialah induksi mnemonic lucid dream (Mnemonic induction of lucid dream/MILD), yang akan membuat para peserta mengatur alarm untuk membangunkan mereka tepat setelah lima jam dan berujar “lain waktu ketika saya bermimpi, saya akan mengingat bahwa saya sedang bermimpi” sebelum mereka kembali tertidur.

Hasil penelitian melaporkan tes realitas tidak menghasilkan hal yang baik. Namun 53% dari peserta yang mencoba kombinasi tes realitas dan MILD berhasil mengalami lucid dream dengan tingkat keberhasilan 17% tiap malam.

Aspy mengakui lucid dream mungkin sepenuhnya disebabkan MILD. Keberhasilan melalui MILD merupakan angka terbesar yang didapatnya. Sekitar 55% orang memiliki lucid dream di beberapa momen dalam hidup mereka masing-masing. Namun bagi kebanyakan orang, hal tersebut jarang terjadi.

Orang yang mengalami lucid dream biasanya akan terbangun lebih cepat, namun dengan adanya pengalaman dan latihan bisa memperpanjang mimpi hingga satu jam. Untuk penelitian lebih lanjut, Aspy akan mencari sukarelawan dengan masa percobaan selama satu minggu dengan harapan bisa menghasilkan efek yang cukup cepat sehingga bisa diaplikasikan di masa depan seperti untuk mengendslikan mimpi buruk.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengendalikan mimpi. Pertama-tama, dengan mencatat mimpi. Belilah buku catatan kecil untuk menuliskan hal-hal yang Anda ingin impikan dan mimpi apa yang Anda ingat. Setiap pagi , segera setelah bangun tidur, tuliskan mimpi Anda. Kedua, dengan melatih kesadaran. Ketiga, memiliki kendali di dalam mimpi. (iflscience/Hnf/L-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More