Wangsa Jelita Berdayakan Komunitas

Penulis: Administrator Pada: Jumat, 27 Okt 2017, 10:01 WIB BIG CIRCLE
Wangsa Jelita Berdayakan Komunitas

DOK METRO TV

WANGSA Jelita, yang didirikan Nadya Saib, 30, dan Yasmin Indriasti, ialah bisnis produk kecantikan mulai sabun, body butter, body mist, hingga body lotion dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Sejak duduk di bangku SMA, Nadya sudah tertarik untuk mendirikan usaha di bidang kecantikan. Oleh karena itu, ia melanjutkan studi bidang farmasi. Suatu hari, ia pergi ke sebuah toko dan mendapati produk sabun bertuliskan ‘natural apple’. Namun, begitu ia memeriksa ingredient-nya, tidak ada bahan apel. Ia menyayangkan produsen yang tidak konsisten seperti itu.

Ia khawatir konsumen langsung percaya dengan apa yang diklaim produsen, tanpa mengecek kembali apakah produk tersebut benar-benar berbahan alami. Kemudian, Nadya membuat survei kecil-kecilan kepada masyarakat. Ketika ia menanyakan apa definisi natural menurut masyarakat, banyak yang menjawab bahwa natural adalah tanpa menggunakan bahan kimia.

Padahal, air juga merupakan senyawa kimia karena bisa bereaksi. Hal itulah yang ingin diluruskan Nadya, bahwa kita tidak bisa sama sekali menghindari bahan kimia. Namun, harus diperhatikan bahan-bahan yang aman bagi kulit.

Tim Wangsa Jelita terdiri atas 10 orang. Mereka memberdayakan lima komunitas, yaitu petani mawar di Lembang, perajin di Bandung untuk memproduksi sabun serai, Yayasan Indonesia untuk Kemanusiaan, petani organik di Sarongge Cianjur, dan komunitas tukang ojek melalui Go-Massage.

Produk Wangsa Jelita terbagi atas 10 kategori. Tiap kategori terdapat 2-5 stock keeping unit (SKU) yang berbeda varian dan ukuran. Jadi, total produk mencapai lebih dari 50 produk. Tahun ini, Wangsa Jelita baru meluncurkan produk hand sanitizer yang tidak membuat kulit kering. Sanitizer ini merupakan campuran dari minyak cengkih sebagai pengganti alkohol, minyak serai, dan peppermint yang membuat aromanya segar.

Wangsa Jelita menjadi Pemenang Program Mahasiswa Wirausaha ITB 2009 dan mendapatkan dana hibah Rp100 juta dari British Council melalui ajang Community Entrepreneur Challenge. (Eno)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More