Millenial Indonesia Berkarya Luar Biasa

Penulis: Retno Hemawati Pada: Jumat, 27 Okt 2017, 08:27 WIB BIG CIRCLE
Millenial Indonesia Berkarya Luar Biasa

DOK METROTV

Muda, berkarya, dan mengha­rumkan nama bangsa. Itu bukan slogan belaka. Banyak kaum millenial Indonesia menghasilkan karya luar biasa, dengan dampak sosial yang hebat pula. Episode kali ini Big Circle akan membahas Yang Wangi dari Creativepreneur Muda, dengan narasumber dari Sagara Boot Maker, Wangsa Jelita, dan Cicil.co.id.

Yang akan dibahas kali pertama ialah Sagara. Sagara yang didirikan Bagus Satrio Wicaksono, 30, merupakan merek sepatu bot yang bisa disesuaikan dengan selera konsumen.

Bagus yang kuliah di jurusan desain produk bercita-cita menjadi desainer otomotif. Namun, ia menyadari bahwa tidak ada industri mobil nasional di Indonesia. Ia sempat galau dan kembali merenungi apa passion-nya.

Ia bertanya-tanya kepada dirinya sendiri, sebenarnya ia ingin menjadi apa? Namun, kemudian dia segera menemukan dirinya memiliki passion di bidang seni. Kemudian karena hobi membeli sepatu, ia memantapkan diri fokus pada handicraft sepatu dengan merek Sagara.

Bahan kulit sepatu Sagara bermacam-macam, terdiri atas kulit sapi, domba (untuk bagian dalam) dan juga kulit kuda (shell cordovan leather). Dalam proses pembuatannya, Sagara menggunakan teknik khusus, yaitu handwelted, yaitu menjahit kulit dan sol dengan tangan (tanpa mesin). Keunikan Sagara lainnya ialah membiarkan sepatu berada di cetakannya selama 1 minggu agar kulitnya tidak rusak (tidak kering). Sepatu kulit lainnya umumnya se­ngaja menjalani pemanasan sepatu agar cepat kering. Sagara mempekerjakan 13 perajin sepatu di Bandung, Cianjur, dan Majalaya. Dalam sebulan, Sagara bisa melayani 40 hingga 50 pasang sepatu.

Harga sepatu mulai Rp2,2 juta hingga Rp6 juta, bergantung pada bahan dan tingkat kerumitan pembuatan. Sagara sudah malang melintang di Indonesia, Amerika Serikat, Jerman, Inggris, dan Brasil.

Sagara didukung Kementerian Perindustrian. Mereka juga diminta untuk mengajarkan kepada para UKM segi desain produk dan konten visual grafis agar produk lebih menarik.

Host Andy F Noya bersama Amanda Zevannya akan berdiskusi bersama para narasumber, yaitu Nadya Saib dan Yasmin Indriasti (co founder Wangsa Jelita), Bagus Satrio Wicaksono (founder Sagara Boot Maker), dan Edward Widjonarko (founder Cicil.co.id).

Kali ini, mereka didam­pingi mentor Veronica Colondam (sociopreneur) dan Billy Boen (founder Young on Top) yang akan memberikan banyak insight kepada narasumber. (H-1)

retnoretno@mediaindonesia.com

 

Berita Terkini

Read More

Kolom Pakar

Read More

Poling

Perlukah pelaku penyebaran hoaks diberi hukuman berat?





Berita Populer

Read More