Enthus Susmono Kembali Bikin Heboh

Penulis: (JI/H-5) Pada: Kamis, 26 Okt 2017, 04:01 WIB Hiburan
Enthus Susmono Kembali Bikin Heboh

MI/IMMANUEL ANTONIUS

BUPATI Tegal, Jawa Tengah, Enthus Susmono, 51, kembali bikin heboh. Dia menggagas penggantian slogan Kabupaten Tegal dari ‘Tegal ayu’ atau ‘Slawi ayu’ (Slawi ialah ibu kota Kabupaten Tegal) menjadi ‘Tegal hadiningrat’. Sontak ide itu mendapat respons pro-kontra selama sepekan lalu. Maklum, kosakata ‘hadiningrat’ melekat pada keraton di Jawa Tengah--Surakarta/Solo dan Yogyakarta. Sementara itu, Kabupaten Tegal daerah luar keraton, bahkan pesisir alias di kawasan pantura.

Bukan Ki Enthus kalau tak pandai menangkis tudingan bahwa bupati yang dalang mbeling ini ingin menghidup-hidupkan kembali sikap feodalisme, yang di zaman reformasi ini dinilai sudah usang. "Banyak orang yang gagal paham. Hadiningrat itu cuma sebutan bahasa Sanskerta, yang artinya hadi itu baik atau terhormat, ning itu di atau dari, dan rat itu rakyat. Terjemahan bebasnya baik, dari rakyat untuk rakyat. Jadi bukan feodalisme, malah kebalikannya," ucap lelaki kelahiran Tegal, 21 Juni 1966, ini di rumah dinasnya, pekan lalu. (JI/H-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Pemungutan suara Pemilu Presiden dan Wapres (Pilpres) 2019 telah terlaksana. Saat ini, penghitungan manual masih berlangsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perhitungan berjalan paralel dengan real count berbasis teknologi informasi (TI) oleh KPU. Hanya saja, terjadi beberapa kesalahan dalam input data dalam proses real count. Bagaimana menurut Anda seharusnya sikap KPU?





Berita Populer

Read More