Sang Hitsmaker Kini Telah Tiada

Penulis: Administrator Pada: Rabu, 25 Okt 2017, 08:35 WIB Obituarium
Sang Hitsmaker Kini Telah Tiada

ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

ADA satu hal menarik yang kerap dilakukan mendiang Benny Panjaitan dan rekannya di Panjaitan Bersaudara (Panbers) yang terlewatkan sebagian orang.

“Di tahun 1970-an, ada yang menarik saat saya mengikuti tur konser mereka. Selalu ada, perjalanan menarik. Misalnya, kalau pergi dengan pesawat, Panjaitan Bersaudara itu berfoto di dekat pesawat,” ujar pengamat musik Bens Leo di Jakarta, kemarin.

Kebiasaan ini mengisyaratkan seolah-olah Panbers memiliki pesawat sendiri layaknya musikus-musikus ternama di dalam dan luar negeri. Tak hanya itu, menurut Bens, cara ini bahkan merupakan upaya publikasi yang unik.

“Minimal charter flight, untuk menjangkau daerah-daerah tertentu, selalu foto di sana, menjadi dokumentasi. Jarang sekali ada band Indonesia yang memakai publikasi seperti itu,” kata Bens mengenang Porbenget Mimbar Mual Hamonangan Pandjaitan atau yang dikenal sebagai Benny Panjaitan bersama Panbers.

Benny mengembuskan napas terakhirnya pada kemarin pagi ini dalam usia 70 tahun. Benny meninggal dunia kemarin pagi saat tidur di kediamannya di Ciledug, Tangerang. Saat ini jenazah berada di Rumah Duka RS Dharmais, Palmerah, Jakarta Barat.

Kabar meninggalnya Benny sebelumnya diumumkan Roelandi, penggemar Panbers yang sampai saat ini manajer dan keluarga Panbers. “(Meninggalnya) di rumah, tapi nanti mau dibawa ke Dharmais sore,” ungkap Roelandi.

Benny telah menderita stroke sejak tiga tahun terakhir. Akhir-akhir ini kondisi­nya dikabarkan tidak terlalu baik dan harus menggunakan alat-alat medis untuk menunjang kesehatannya.

Kepergian Benny menyisakan kesedihan mendalam bagi keluarga dan penggemar. Apalagi sebuah konser sudah dijadwalkan akan berlangsung pada bulan depan.

Keberhasilan Panbers yang dimotori Benny menjadi salah satu awal dari kebangkit­an grup band di Indonesia yang di era 1980-an kala itu didominasi penyanyi-penyanyi tunggal. Beberapa lagu hits Panbers yang tak lekang oleh waktu antara lain Akhir Cinta, Gereja Tua, Musafir, dan Hidup Terkekang. Tak salahlah kiranya jika beliau disebut sebagai pencipta lagu-lagu hit (hitsmaker).

Kabar meninggalnya Benny Panjaitan sempat ramai lewat pesan berantai pada Minggu (22/10). Namun, kabar ini dibantah putranya, Dino.

Hingga tadi malam, belum diketahui di mana Benny akan dimakamkan. Amat mungkin Benny akan dimakamkan di dekat kubur orangtua dan adiknya. (Ant/H-1)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut sebanyak tujuh kampus ternama yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Diponegoro (Undip), hingga Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Brawijaya (UB) terpapar radikalisme. Apakah Anda setuju mahasiswa dan dosen yang sudah terpapar paham radikalisme itu dipecat?





Berita Populer

Read More