Pensiun dari Kursi Pejabat, Serius Tekuni Bisnis Kuliner

Penulis: Syarief Oebaidillah Pada: Minggu, 22 Okt 2017, 10:34 WIB Hiburan
Pensiun dari Kursi Pejabat, Serius Tekuni Bisnis Kuliner

Ist

MENEKUNI bidang kuliner kini menjadi salah satu pekerjaan utama mantan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Sumarna Suraparanata, setelah memilih pensiun dini dari kementerian bulan lalu.

Hal itu nampak dari kesibukan pria berkumis ini pada soft opening Restoran DSDL di kawasan Pasar Mayestik, Jalan Bumi, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10).

Pada acara yang dikemas sederhana itu turut hadir sejumlah warga yang tergabung dalam komunitas Pajero Club Indonesia, artis Ical Muhammad, juga Camat Kebayoran Baru, Nurahman, dan Lurah Gunung, Mulyadi, serta jajaran kepolisian setempat.

“Kami bersyukur dan mohon doa restu, Restoran DSDL di kawasan Mayestik merupakan yang kedua kami dirikan. Adapun yang pertama kami rintis di Lembang, Bandung (Jawa Barat), pada 2009, bersama istri tercinta saya, Ibu Lilis,“ kata Pranata, panggilan akrab Sumarna, pada sambutan acara soft opening yang dihadiri tamu undangan dan kerabat.

Pranata mengaku profesi yang ditekuni sekarang sebagai pimpinan Restoran DSDL tidak tiba-tiba, alias telah melalui proses panjang saat ia menempuh kuliah S3 di Australia sepanjang 1995-2000. Dia mengaku sempat mengelola katering sembari kuliah dan menciptakan menu khas Tanah Air selama di Negeri Kanguru.

“Jadi yang saya geluti sekarang ini karena adanya pengalaman yang saya miliki selama menempuh pendidikan doktor di Australia,“ ungkap Pranata.

Sejumlah menu unggulan DSD, antara lain Ayam Ngumpet, Cabe Gendot, Sate Goreng, Jus Pelangi, dan lain-lain. Selain melayani kuliner khas sunda, DSDL juga menyediakan ruangan khusus bagi para tamu yang akan mengadakan pertemuan atau rapat bagi pegawai kantor pemerintahan dan swasta.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini tengah berencana membangun cabang DSDL yang ketiga di daerah wisata kuliner Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Ical Muhammad mengaku sempat kaget saat menikmati menu tradisonal Cabe Gendot yang merupakan menu unggulan DSDL peninggalan leluhur dari keluarga Pranata.

“Saya suprise, awalnya biasa saja tetapi beberapa saat kemudian pedasnya tidak kepalang. Namun, saya diberi penawar oleh Pak Pranata sehingga rasa pedasnya berkurang. Yang jelas saya merasa cocok dengan menu DSDL ini, seperti juga Sate Goreng cukup unik dan nikmat, nanti saya mau mencoba lagi," kata Ical yang memerani sejumlah sinetron itu.

Bagi Noviansyah, yang memimpin komunitas Pajero Club, menu yang disajikan DSDL menggugah selera dan dapat dinikmati semua kalangan, dari anak-anak, kaum remaja, hingga orang tua.

“Saya kira menunya cocok bagi keluarga yang ingin menikmati kuliner di DSDL ini seperti menu favorit Ayam Ngumpet yang khas sunda menuai selera saya," cetusnya. (RO/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More