Cukup Menguras Kantong

Penulis: Rio/M-3 Pada: Minggu, 22 Okt 2017, 04:01 WIB Gaya Urban
Cukup Menguras Kantong

DOK. INDONESIA DRONE RACING FEDERATION

UNTUK benar-benar menekuni olahraga balap drone ternyata tidak hanya membutuhkan keahlian saja. Faktor utama lainnya ialah dana untuk membeli seluruh perlengkapan utama mulai drone itu sendiri, kacamata (FPV), hingga remote control.

"Kalau dibilang olahraga mahal itu relatif, ya, karena setiap orang kan beda-beda. Berbeda di sini karena ada orang yang hanya ingin mencoba, iseng-iseng, hingga serius," tutur Unggul Prati Yodha.

Menurutnya, ada beberapa tingkatan biaya yang harus dikeluarkan seseorang untuk menggeluti olahraga drone ini. Angka tersebut berkisar Rp3 juta sampai lebih dari Rp10 juta.

"Kalau untuk pemula mungkin cukup tiga jutaan dengan kisaran harga drone Rp2 juta, remote control Rp800 ribu, dan FPV juga Rp800 ribu. Kalau yang sudah cukup pro, harga drone-nya saja bisa Rp5 juta dan remote control serta FPV bisa Rp6 jutaan," terang Yodha.

Belum lagi jika sudah rutin mengikuti drone racing, seorang pembalap (racer) harus memiliki lebih dari satu drone.

"Nah idealnya seorang racer itu memiliki tiga drone. Itu sudah aman supaya ketika rusak atau mengalami kecelakaan ketika racing, ada cadangan," pungkasnya.

Jenis-jenis drone racing:

Hubsan X4 H107H FPV

Storm Type A

Vortex 250 PRO

Lumiere QAV 250 G10

Drone X Labs

Perlengkapan Drone Racing:

Drone

First person view (FPV)

Remote control

Baterai cadangan

Tipe Drone Race:

Rotorcross

Drag race

Time-trial

Freestyle

Organisasi: Indonesia Drone Racing Federation

Biaya: gratis

Waktu kegiatan: akhir minggu

Lokasi: Bintaro, Pantai Indah Kapuk, Cibubur, Cakung, Glodok.

(Rio)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More