Edisi Khusus 3 Tahun Jokowi-JK: Memajukan Indonesia

Penulis: Micom Pada: Kamis, 19 Okt 2017, 22:26 WIB Inspirasi
Edisi Khusus 3 Tahun Jokowi-JK: Memajukan Indonesia

TIGA tahun sudah duet Joko Widodo dan Jusuf Kalla memimpin negeri ini. Sejak hari pertama menjadi Presiden RI, Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, telah menggelorakan spirit kerja demi memajukan bangsa. Itu diimplementasikan dengan sangat benderang melalui prioritas program pemerintah di sektor infrastruktur. Bagaimana dengan sektor lain?

Untuk mengetahui pandangan Presiden ke-7 RI selama tiga tahun memimpin pemerintahan, wartawan Media Indonesia mewawancarai secara khusus Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Rabu (18/10).

Pembangunan infrastruktur saat ini banyak diapresiasi. Tetapi juga dinilai tidak berdampak langsung terhadap masyarakat setempat. Apa tanggapan Anda?

Infrastruktur ini pekerjaan besar. Alhamdulillah banyak yang sudah selesai tapi ada yang masih dalam proses. Tetapi kita juga harus tahu, baik yang namanya jalan, jalan tol, pembangkit listrik, pelabuhan, jalur kereta api, negara ini kan negara besar jadi ada pembagian pekerjaan. Pemerintah pusat dan pemda. Itu sudah ada kewenangan sendiri-sendiri. Misalnya koneksi antarkabupaten, ada yang dikerjakan pemprov ada yang dikerjakan pusat. Lalu jalan di daerah, itu jadi kewajiban pemerintah kabupaten kota. Ini yang masyarakat harus tahu.

Anda masih harus turun langsung mengawasi ke daerah, apakah itu artinya daerah lamban bergerak?

Itu masalah hal-hal yang berkaitan dengan manajemen kota/kabupaten, manajemen provinsi memang banyak yang harus kita benahi. Satu-satu, supaya tidak kehilangan konsentrasi sehingga bisa lepas.

Ini masuk tahun ketiga, tahun percepatan. Masih ada dua tahun lagi. Bagaimana evaluasi terhadap kabinet Anda sekarang?

Kita ini bekerja dengan target. Dengan angka angka. Rata-rata (kementerian) mencapai target. Yang penting kita fokus pada infrastruktur sambil menyiapkan program-program besar lain...

Wawancara selengkapnya dapat Anda baca di Edisi Khusus 3 Tahun Joko Widodo-Jusuf Kalla Media Indonesia, edisi Jumat 20 Oktober 2017.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More