Panitia Imbau Siswa Segera Daftar SNMPTN

Penulis: Try/H-2 Pada: Rabu, 11 Mar 2015, 00:00 WIB Humaniora
Panitia Imbau Siswa Segera Daftar SNMPTN

ANTARA/SAHRUL MANDA TIKUPADANG

PANITIA Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) meminta agar siswa SMA dan sederajat atau calon mahasiswa segera melakukan verifikasi data prestasi akademik yang diisikan pihak sekolah.

''Setelah mengisi data siswa tersebut, kami mengimbau siswa segera melanjutkannya dengan mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) atau program studi pilihan mere-ka dalam SNMPTN,'' ungkap Koordinator Pokja SNMPTN Bambang Hermanto di Jakar-ta, kemarin.

Panitia juga mengingatkan agar pendaftar SNMPTN tidak lupa mengisikan nomor ujian nasional (NUN) mereka saat sudah memilikinya supaya dapat mencetak kartu peserta SNMPTN dalam periode cetak kartu peserta mulai 17 April hingga 13 Mei 2015.

''Dengan begitu, nantinya panitia SNMPTN bisa memastikan bahwa peserta SNMPTN juga mengikuti UN. Pasalnya UN saat ini tetap dijadikan sebagai salah satu pertimbangan diterima atau tidaknya peserta pada SNMPTN,'' imbuh Bambang.

SNMPTN merupakan salah satu jalur seleksi masuk PTN berdasarkan nilai sekolah dan prestasi siswa.

Hasil UN tetap dipertimbangkan dalam SNMPTN, dengan catatan UN tidak berjalan curang.

Adapun tahapannya dimulai dari pendaftaran pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) yang dibuka sejak 22 Januari hingga 8 Maret.

Setelah mengisi PDSS, peserta akan diverifikasi dan mendaftar lagi pada 13 Februari-15 Maret.

Kelulusan SNMPTN akan diumumkan pada 9 Mei, dan peserta yang lulus harus mendaftar ulang pada 9 Juni 2015.

Sementara itu, hingga kemarin siang, jumlah pendaftar SNMPTN sudah menembus di atas 50% dari target sebanyak 850 ribu siswa tahun ini yakni sebanyak 491.965 pendaftar.

''Atau baru 62,5% dari jumlah tahun lalu. Mereka dari 12.358 sekolah. Di antara pendaftar tersebut sebanyak 81.410 ialah pemohon Bidikmisi. Kami masih tunggu hingga 15 Maret,'' pungkas Bambang.

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More