Dicoret, Adya malah Berprestasi

Penulis: Ghani Nurcahyadi Pada: Rabu, 11 Mar 2015, 00:00 WIB Olahraga
Dicoret, Adya malah Berprestasi

MI/Ghani Nurcahyadi

DICORET dari pelatnas membawa berkah bagi binaragawan, Adya Novaly. Pria kelahiran Ketapang, Kalimantan Barat, 7 Juli 1979 itu justru mampu mencetak sejarah dengan menjadi orang Indonesia pertama yang mampu menjuarai kejuaraan Arnold Amateur yang diselenggarakan mantan juara dunia dan selebritas, Arnold Schwarzenegger.

Pencoretan Adya dari pelatnas yang dikelola Satlak Prima terjadi medio 2013. Adya yang ingin menanyakan bonus seusai menjuarai pra-SEA Games 2013 Myanmar di kelas 70 kg kepada Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) justru mendapat jawaban ketus dan kemudian dicoret dari pelatnas SEA Games 2013.

Pascapencoretan, Adya pun makin giat berlatih sekaligus menjadi personal trainer di salah satu pusat kebugaran di satu mal di Jakarta Selatan. Usaha kerasnya terbayar saat kliennya asal Amerika Serikat (AS), Paul Colston, mengajaknya berlaga di Arnold Classics Competitions di Colombus, Ohio, AS, pada 5-7 Maret lalu. Adya pun meraih prestasi di kelas middleweight 75-80 kg.

''Tidak gampang untuk berlaga di Arnold Classics karena belum pernah ada orang Indonesia yang berlaga di sana. Namun, karena Colston punya koneksi di sana, itu memudahkan saya untuk bisa berlaga di sana,'' kata Adya saat ditemui di rumahnya di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan.

Keberhasilannya mencetak sejarah di Arnold Classics membuat Adya menuai pujian dari Schwarzenegger. Mantan Gubernur California itu, ujar Adya, bangga ada binaragawan asal Indonesia yang berprestasi di ajang yang ia selenggarakan.

Berprestasi di Arnold Classics membuat Adya bertekad untuk mengejar titel profesional kembali setelah sempat lepas. Ia berencana untuk mengikuti ajang yang diselenggarakan oleh Federasi Binaraga Internasional (IFBB) di Australia pada November mendatang.

''Namun, sejujurnya ada atau tidak kejuaraan, saya akan tetap berlatih dan menyumbangkan yang terbaik bagi Indonesia,'' ujar Adya yang membuka toko kelontong di rumahnya.

Menpora RI Imam Nahrawi berharap prestasi yang ditorehkan Adya mampu dipertahankannya sehingga bisa menjadi wakil Indonesia di ajang internasional. ''Kami pun sedang memikirkan bentuk dukungan dan bantuan untuk Adya,'' ujarnya.

Di lain hal, anggota Komisi X DPR RI yang membidangi Olahraga, Pendidikan, Pariwisata dan Kebudayaan Moreno Soeprapto berterima kasih atas prestasi Adya. Adya dinilai berhasil membuktikan diri sebagai atlet potensial Indonesia di kejuaraaan dunia.

''Selamat atas pencapaian atlet Adya Novaly yang berhasil menjadi juara dunia Kontes Binaraga Arnold Amateur,'' kata Moreno.

Arnold Amateur merupakan bagian dari kejuaraan Arnold Classic Competitions yang sudah menjadi agenda tetap dari Federasi Binaraga Internasional (IFBB). Indonesia hadir sebagai tamu kehormatan bersama Jepang.(Ghani/Eko/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More