Kasih tanpa Batas di Tengah Ancaman Erupsi

Penulis: Sumaryanto Bronto/M-3 Pada: Minggu, 08 Okt 2017, 00:31 WIB Foto
Kasih tanpa Batas di Tengah Ancaman Erupsi

AFP/BAY ISMOYO

DENGAN penuh kasih sayang, relawan asing itu memberi makan seekor anjing. Sebelumnya, ia juga sibuk mendistribusikan pakan hewan yang telah ditempatkannya pada ember-ember plastik kecil. Di tempat lainnya tampak aktivis menggendong kera.

Aksi yang dilakukan aktivis dari beragam organisasi sosial seperti Jakarta Animal Aid Network, Center for Orangutan Protection (COP), Bali Dog Adoption Rehabilitation Centre (BARC), dan Bali Animal Welfare Association, ini berada di tengah-tengah suasana kegentingan ancaman erupsi Gunung Agung, Bali.

Misi berisiko mereka tempuh karena banyaknya hewan peliharaan yang ditinggal pemilik mengungsi. Tidak hanya anjing, mereka menyelamatkan burung, primata, hingga sapi milik warga.

Aksi mereka pun ibarat kerja para semut. Seolah sepele dan kecil, tapi sesungguhnya penting dan dibutuhkan.

Dari mereka pula tergambar kasih sayang yang sejati, yakni ketika keberadaan semua makhluk yang bergerak sama pentingnya, termasuk di saat darurat.

Secara tidak langsung pula kerja para relawan tersebut ikut memperkecil risiko keselamatan warga. Dengan diangkutnya ternak ke penampungan, warga tidak perlu kembali ke kampung-kampung yang berada di zona bahaya, untuk memberi makan harta bergerak mereka itu. Situasi genting memang kerap menguji kepedulian dan kasih sayang kita. Kini di Bali, ujian itu bisa dihadapi dengan kerja bersama.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More