Tato Bisa Ganggu Getah Bening

Penulis: Administrator Pada: Selasa, 26 Sep 2017, 06:32 WIB Humaniora
Tato Bisa Ganggu Getah Bening

HATI-HATI dengan tinta tato. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports baru-baru ini mengungkapkan partikel mikroskopik dari tinta tato dapat bermigrasi ke dalam tubuh dan ber­akhir di kelenjar getah bening. Seperti diketahui, kelenjar tersebut merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh manusia. Partikel kecil tersebut mencakup molekul dari bahan pengawet dan kontaminan, seperti nikel, kromium, mangan, dan kobalt.

“Pewarnaan tato terdiri dari berbagai pigmen organik dan anorganik yang dapat terkontaminasi kotoran beracun. Sebab itu, ketika akan membuat tato, diperlukan tempat dan jarum yang steril,” kata Hiram Castillo, salah seorang penulis dalam studi itu yang juga peneliti di European Synchrotron Radiation Facility di Grenoble, Prancis. (AFP/Arv/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More