Fase Kepulangan, Jemaah Wafat Terus Bertambah

Penulis: Siswantini Suryandari Pada: Selasa, 19 Sep 2017, 10:36 WIB Humaniora
Fase Kepulangan, Jemaah Wafat Terus Bertambah

Suasana di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah, Senin (18/9). Hingga kemarin sudah 31 jemaah dirawat di KKHI Madinah. Mayoritas mereka masih kelelahan pascahaji. -- MI/Siswantini Suryandari

FASE pemulangan jemaah haji Indonesia sudah memasuki hari ketiga belas. Pada fase itu jumlah jemaah haji Indonesia yang wafat bertambah. Satu jemaah haji Indonesia dilaporkan wafat di Jeddah, empat di Madinah, dan 10 di Mekkah.

Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Mekkah merilis total jemaah wafat sampai Senin (18/09) malam waktu Arab Saudi, berjumlah 516 orang. Jumlah ini terdiri dari lima jemaah wafat di Jeddah, 366 wafat di Mekkah, 43 wafat di Madinah, 20 wafat di Arafah, dan 67 jemaah wafat di Mina. Sebanyak 23 orang dari jumlah yang wafat adalah jemaah haji khusus.

Angka ini sudah melampaui jumlah jemaah wafat pada tahun 2015 dan 2016. Sebanyak 491 jemaah wafat pada tahun 2015. Sedang pada tahun 2016, total jemah wafat mencapai 342 orang.

Kasie Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dr Edi Supriyatna, menjelaskan bahwa beban jemaah gelombang dua jauh lebih berat karena pasca haji, kelelahan prosesi di Arafah, Muzdalifah dan Mina masih berdampak sampai sekarang.

"Apalagi bagi jemaah yang sudah membawa penyakit sejak dari Tanah Air, kelelahan memicu kekambuhan," kata dr Edi, di Madinah, Senin (18/9). Kelelahan itu masih ditambah dengan aktivitas ibadah Arbain dan ziarah selama di Madinah.

Dia menyebutkan bahwa masa-masa kepadatan jemaah di KKHI antara 20-23 September. Alasannya selain seluruh jemaah gelombang dua sebagian besar sudah berada di Madinah, ditambah dengan adanya pasien yang harus dievakuasi dari Mekkah ke Madinah mulai hari ini. " Ada 9 jemaah yang dievakuasi dari Mekkah ke Madinah pada Selasa (19/9)," kata Edi.

Sementara hingga kemarin jumlah jemaah haji yang dirawat di RS Arab Saudi di Madinah sebanyak 10 jemaah, dua diantaranya dirawat di ICU sejak sebelum prosesi haji, karena koma dan satu lagi jemaah mengalami gangguan pada paru. Penyakit yang dominan diidap jemaah haji tahun ini adalah jantung, pernapasan, dan diabetes.(OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More