Apel Swiss Mampu Hindarkan Penuaan

Penulis: MI Pada: Senin, 09 Mar 2015, 00:00 WIB Humaniora
Apel Swiss Mampu Hindarkan Penuaan

AP/Mike Groll

APEL uttwiler spatlauber menjadi sumber harapan baru bagi masalah penuaan. Jenis apel yang langka dan berasal dari Swiss itu, dikatakan Sven Gohla dari Mibelle Group, perusahaan bidang kesehatan asal Swiss, mampu memberi rangsangan yang tepat bagi sel punca (stem cell) tubuh manusia untuk mengaktifkan diri, menstimulasi regenerasi sel, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan elastis.

''Keluhan-keluhan kesehatan dan masalah kulit juga dapat terbantu dengan mengonsumsi apel ini,'' ucap Gohla saat memaparkan hasil uji perusahaannya tersebut di Jakarta, kemarin (Minggu, 8/3/2015).

Kemampuan utama dari apel yang disebut dengan apel stem cell itu dihasilkan dari sel inti buah tersebut yang keluar pada saat apel dilukai. Pada saat itulah, lanjut dia, ekstrak apel akan sangat berguna bagi teknologi antipenuaan.

''Untuk saat ini, teknologi yang baru dikembangkan ialah memanfaatkan stem cell atau sel punca manusia untuk mengatasi penuaan terlebih dahulu,'' terangnya.

Kemampuan apel stem cell tersebut dalam beregenerasi tidak hanya terdapat pada buahnya, tetapi juga di seluruh bagian dari pohon induknya, mulai batang hingga kulit pohon. Kemampuan unik apel tersebut juga mampu tahan lama meski telah dipetik lebih dari empat hari.

Namun, saat ini keberadaan apel tersebut sangat langka. Menurut Gohla, tercatat hanya 20 pohon dari uttwiler spatlauber yang masih bertahan di negaranya. Kelangkaan tersebut membuat pemerintah Swiss melalui organisasi yang bernama Prospecies Rara melindungi keberadaan pohon apel itu. ''Namun, sudah ada izin dari pemerintah Swiss untuk mengembangkan pohon tersebut dengan teknik biokimia.''

Sel induk apel stem cell mampu mengaktifkan kembali sel kulit tubuh begitu ia memasuki tubuh manusia. Dengan begitu, masalah pada kulit seperti keriput dan tidak elastis akan dapat teratasi.

Normalnya, ujar Gohla, sel punca manusia akan terbangun ketika mendapat rangsangan yang tepat. Metabolisme sel dan jaringan juga akan ikut terbangun. Selain itu, apel stem cell memiliki antioksidan yang tinggi.(Ric/S-3) 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More