Pemerintahan Jokowi Dinilai Lebih Demokratis

Penulis: Richaldo Y Hariandja Pada: Sabtu, 12 Agu 2017, 20:56 WIB Polkam dan HAM
Pemerintahan Jokowi Dinilai Lebih Demokratis

MI/Ramdani

PENGAMAT politik J Kristiadi menilai pemerintahan saat ini berbeda dengan pemerintahan zaman orde baru. Menurutnya, saat ini negara masih menjamin kebebasan di masyarakat.

"Kalau zaman dulu, orang berbeda pendapat dengan negara dikejar sampai ketemu dan diminta harus ngaku," ucap Kristiadi dalam diskusi publik bertajuk 'Dinamika Politik dan Undang-Undang Pemilihan Umum', di Jakarta, Sabtu (12/8).

Kali ini, pemerintah dinilainya tidak melakukan tindakan represif tersebut. Apa yang dilakukan pemerintah saat ini masih berupa demokratis yang tegas.

Salah satu hal yang dinilainya demokratis ialah pada kesepakatan ambang batas pencalonan Presiden (presidential threshold) dalam UU Pemilu. Menurutnya, hal itu adalah kesepakatan dari partai politik yang demokratis.

"Dan saya lihat Presiden Jokowi (Joko Widodo) bau kemenangannya sudah kuat. Jadikan ini kemenangan rakyat, jangan hanya kemenangan yang menghasilkan angka saja," tutup dia. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More