2,5 Hektare Hutan KPH Bojonegoro Terbakar

Penulis: M Yakub Pada: Sabtu, 12 Agu 2017, 18:31 WIB Nusantara
2,5 Hektare Hutan KPH Bojonegoro Terbakar

ANTARA FOTO/Aguk Sudarmojo

SEKITAR 2,5 hektare lahan hutan di wilayah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Bojonegoro, Jawa Timur, kembali terbakar, Sabtu (12/8) siang. Kobaran api membakar Area Produksi Benih (APB) Petak 103a Resor Pemangku Hutan (RPH) Sambirejo.

Api akhirnya bisa dipadamkan setelah petugas gabungan dan Tim Dinas Pemadam Kebakaran melakukan pemadaman. Petugas menduga api berasal dari puntung rokok yang dibuang oleh orang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 12.45 WIB. Kobaran api dengan cepat membakar APB di Petak 103a, RPH Sambirejo, Badan Kesatuan Pemangku Hutan (BKPH), KPH Bojonegoro.

Kawasan hutan yang terbakar itu masuk wilayah Desa Setren, Kecamatan Ngasem, Bojonegoro.

"Iya, kawasan hutan RPH Sambirejo terbakar," terang Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Pemkab Bojonegoro, Andik Sudjarwo kepada Media Indonesia, Sabtu petang.

Kobaran api, lanjut Andik, meluas hingga membakar kawasan hutan seluas 2,5 ha. Menurut dia, upaya pemadaman dilalukan dengan bersama petugas gabungan. Antara lain, Tim Damkar, Polres Bojonegoro, Perhutani, dan instansi terkait lainnya.

"Setelah dilakukan pembasahan sekitar 1 jam, api akhirnya bisa dipadamkan," tandasnya.

Petugas menduga kobaran api bermula dari sisa puntung rokok yang dibuang oleh orang tidak bertanggungjawab. Sebab, kawasan hutan yang terbakar berada di pinggir jalan penghubung antarkecamatan di Ngasem.

Api kemudian membakar dengan cepat serasah hutan yang sebagian besar telah mengering.

"Kami bersyukur api segera bisa dikendalikan," pungkasnya. (OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

WAKIL Ketua DPR Fahri Hamzah memastikan tak mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Dia mengaku ingin fokus membenahi PKS yang menurutnya sedang berada di titik nadir lantaran banyak memecat kader tanpa prosedur. Apa Anda setuju dengan sikap Fahri ini?





Berita Populer

Read More