Megawati: Pancasila bukan Sekadar Dasar Negara

Penulis: Yogi Bayu Aji Pada: Sabtu, 12 Agu 2017, 12:26 WIB Polkam dan HAM
Megawati: Pancasila bukan Sekadar Dasar Negara

ANTARA/ROSA PANGGABEAN

PRESIDEN ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menyebut, Pancasila punya pengaruh kuat dalam kehidupan bangsa. Pancasila merupakan landasan moral kehidupan masyarakat.

"Pancasila bagi saya bukan sekedar dasar negara ideologi cita-cita pemersatu semua golongan saja," kata Megawati dalam peluncuran program penguatan pendidikan Pancasila di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (12/8).

Ketua Dewan Pengarah Unit Kerja Presiden-Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) itu menuturkan, Pancasila harus menjadi tuntunan hidup dalam pembentukan karakter dan jiwa kepemimpinan. Hal itu pun yang dilakukan Presiden pertama Soekarno.

"Bung Karno sebagai seorang proklamator sebagai pahlawan bangsa, beliau pernah mengatakan Indonesia harus punya dedication of life untuk kehidupannya," ucap dia.

Menurut dia, Bung Karno sadar dalam membangun negara memerlukan dasar-dasar moral dan pembentukan karakter. Pancasila pun dijadikan petunjuk bangsa warga yang menuju hal-hal yang negatif.

Nilai-nilai moral ini terkandung dalam tiap sila dalam Pancasila.

"Yang membimbing kita mengharuskan kita dalam tingkah laku sehari-hari," ucap Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu. (MTVN/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More