Empati Pasangan Redakan Sakit

Penulis: Counsel&Heal/Ire/X-7 Pada: Jumat, 28 Jul 2017, 06:08 WIB Sela
Empati Pasangan Redakan Sakit

Grafis/Duta

STUDI terkini dari Cognitive and Affective Neuroscience Lab, Universitas Colorado, Amerika Serikat, menemukan bahwa empati dari sentuhan pasangan lawan jenis meredakan sakit dan memberi kenyamanan. Analisis studi dilakukan kepada 22 pasangan kekasih. Para perempuan diberikan sakit panas ringan yang membuat tidak nyaman. Mereka lalu duduk berdampingan dengan pasangan masing-masing. Tim studi, yakni Pavel Goldstein, Irit Weissman-Fogel, dan Simone G Shamay-Tsoory memantau detak jantung dan tingkat pernapasan mereka.

Hasilnya, saat tidak berpegangan tangan napas dan detak jantung mereka tidak sinkron. Sebaliknya, saat berpegangan menjadi sinkron. Sebabnya, stimulasi elektrodermal terjadi saat bersentuhan. Kekuatan sentuhan sangat penting dalam masa stres atau sakit. Goldstein menyebut sentuhan itu sebagai ‘kopling fisiologis antarpasangan’. Hasil studi dipublikasikan dalam Science Reports. (Counsel&Heal/Ire/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More