3 Hal untuk Panjang Umur

Penulis: Xinhua/Hym/X-7 Pada: Rabu, 26 Jul 2017, 06:10 WIB Sela
3 Hal untuk Panjang Umur

Grafis/Duta

JIKA Anda ingin memiliki harap­an hidup yang lebih lama, saran dari peneliti ialah jaga berat badan normal, jangan mero­kok, dan jauhi alkohol. Sebuah studi oleh University of Michigan, Ame­rika Serikat (AS), menunjukkan orang dengan berat badan cukup normal, tidak pernah merokok, dan hanya mengonsumsi alkohol secukupnya di usia 50 memiliki harapan hidup tujuh tahun lebih lama daripada rata-rata warga AS. Mereka juga bisa menunda kecacatan hingga enam tahun.

Periset memakai data dari Health and Retirement Study of Americans dan sampel penelitian pada 1998, menyertakan 15 ribu responden berusia 50-74. Mereka membagi kategori berisiko rendah (responden tidak pernah merokok, mengosumsi alkohol 14 gelas per pekan untuk pria dan 7 gelas untuk perempuan), serta berindeks massa tubuh kurang dari klasifikasi obesitas (30+).

“Penting meyakinkan orang agar meningkatkan pola hidup baik supaya menjalani hidup panjang tanpa cacat,” kata Neil Mehta, asisten profesor manajemen kesehatan dan kebijakan di University of Michigan. (Xinhua/Hym/X-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta sekolah untuk melakukan pengecekan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hal itu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan SKTM agar diterima di sekolah negeri. Pasalnya, dalam Permendikbud 14/2018 tentang PPDB disebutkan kuota minimal untuk siswa tidak mampu sebanyak 20%. Apakah Anda setuju pihak sekolah harus melakukan pengecekan dan tidak langsung menerima begitu saja SKTM tanpa verifikasi ke lapangan?





Berita Populer

Read More