WAWANCARA

Hobi Berburu Babi Hutan

Ahad, 2 April 2017 03:00 WIB Penulis: (Riz/M-2)

MI/ARYA MANGGALA

SEBAGAI Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso tengah memang disibukan dengan berbagai upaya pemberantasan narkoba. Namun, ada kegiatan lain yang ditekuni jenderal bintang tiga itu, yakni berburu dan mengutak-atik Jeep. Ayah tiga anak itu pun paham betul hewan-hewan apa saja yang boleh diburu atau yang tidak boleh diburu. Hewan yang kerap diburu ialah babi hutan. Di wilayah-wilayah luar Jawa, babi hutan merupakan hama bagi perkebunan warga. Meskipun itu tidak dilakukan dengan intens, dirinya tetap berburu jika ada kesempatan. “Kadangkadang masih sempat berburu babi hutan. Kenapa babi hutan?

Karena itu diperbolehkan dan ada di peraturan berburu,” jelas Budi Waseso yang juga menjabat Ketua Bidang Berburu Nasional kepada Media Indonesia, Rabu (29/3). Dia menambahkan berburu babi hutan karena hewan tersebut merupakan salah satu jenis hama sama seperti tikus yang harus dikendalikan jumlahnya. “Babi hutan itu cepat berkembang biak dan merusak tanaman petani,” imbuhnya. Hobi berburunya tersebut tidak hanya dilakukan hanya untuk memburu kesenangan pribadinya saja, tetapi hasil buruannya juga harus dapat dimanfaatkan untuk hal-hal yang positif. “Kita kalau nembak harus dimanfaatkan, entah oleh kebun binatang, orang yang mengonsumsi, atau yang lainnya. Jangan sampai kita membunuh tetapi tidak dimanfaatkan dan menjadi bangkai karena dibuang.

Saya tidak mau seperti itu,” paparnya. Hobinya tersebut dapat dilakukan di mana saja, baik di luar Jawa maupun di daerah-daerah yang dekat dengan Jakarta seperti Cianjur atau daerah Banten. Meskipun begitu, dia mengaku hobinya hanya dialkukan jika ada waktu luang saja. Selain berburu, Budi mengaku dirinya juga gemar membersihkan rumah. “Pokoknya hari libur kita manfaatkan untuk hal-hal yang positif dan produktif. Misalnya membersihkan rumah kalau hari libur ya saya ikut menata dan membereskan rumah karena itu pekerjaan yang harus dilakukan juga,” pungkasnya. Buwas mengaku sudah hobi berburu sejak muda. Buwas ialah anak ketiga dari seorang veteran TNI yang lumayan dikenal di Pati, Jawa Tengah, almarhum Kolonel (Purnawirawan) Dangir Marwoto. Keluarga Buwas hampir semuanya suka berburu. Bahkan Buwas tercatat sebagai Ketua Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Bidang Tembak Berburu. (Riz/M-2)

Komentar