Kuliner

Kejutan dari si Hitam

Ahad, 2 April 2017 00:34 WIB Penulis: Zic/M-4

MI/ZICO

DENGAN balutan botol hitam, tak berarti isinya juga hitam. Namun, saat dituangkan dalam gelas, yang keluar ialah produk bir berwarna kuning gelap atau dark lager beer. Kejutan itu yang akan Anda dapatkan dari bir San Miguel Brands Family, Cerveza Negra.

Banyak hal menarik yang ditemui Media Indonesia saat mencicipi bir premium ini di Namaste Bar and Resto, Jakarta Selatan, Senin (27/3). Keistimewaan Cerveza Negra diawali dengan penyajiannya dengan foam lembut. Dalam penyajian bir, foam lembut di atas bir menandakan ciri khas bir yang bermutu tinggi.

Kombinasi racikan bahan dasar malt hitam dan karamel serta sentuhan butterscotch memberikan keseimbangan sensasi rasa agak pahit dan rasa manis saat meminumnya. Bir ini termasuk kategori bir yang ringan (light) saat diminum. Tentu, sangat enak saat disajikan dengan suhu dingin. Sensasi rasa karamel yang kental dan kuat dapat dirasakan ketika mengecap lidah setelah menenggaknya.

Salah satu yang menarik dari bir ini ialah adanya rasa kopi. Awalnya sensasi kopi itu tidak terlalu terasa. Namun, bila bir itu diminum perlahan atau diseruput layaknya kopi, akan muncul rasa pahit kopi berbeda dari rasa pahit malt.

Ya, ini memang paket lengkap rasa di dalam satu produk bir. Rasa pahit yang terdapat pada Cerveza Negra menandakan konsistensi dan orisinalitas rasa pada semua produk bir San Miguel Brands. Mungkin beberapa penikmat bir yang belum mengetahui merek ini dapat mengetahui bahwa Cerveza Negra diproduksi San Miguel Brands berdasarkan rasanya. Hanya mungkin mempertanyakan 'jenis bir San Miguel yang mana?'

Saat mencium aroma bir yang disajikan dalam gelas berukuran kecil, tidak ada bau menyengat bir tercium, begitu pula setelah meminumnya. Saat berbincang santai dengan beberapa partisipan yang mencoba bir tersebut dalam porsi banyak, tidak tercium bau mulut tidak enak yang khas sehabis mengonsumsi bir. Kandungan alkohol di dalam Cerveza Negra ialah 4,9% dan masuk kategori A minuman beralkohol (1%-5%) dari penggolongan minuman oleh pemerintah.

Makanan yang cocok
Selain membedah keistimewaan rasa dark lager beer Cerveza Negra, acara beer tasting yang diselenggarakan juga memberi edukasi bagaimana bir, khususnya dark lager beer, dapat memberikan sensasi yang menyenangkan sebagai minuman pendamping menu makanan kita.

Namaste Bar and Resto sebagai host penyelenggara beer tasting turut menyajikan menu-menu andalannya untuk mendampingi sensasi bir premium terbaru. Beberapa menu di antaranya yaitu chicken tikka dan kebab. Kedua menu yang dibakar ini memiliki sensasi bumbu dan rempah yang kuat. Sensasi nikmat terasa ketika meminum Cerveza Negra setelah memakan kudapan-kudapan yang disajikan. Berbeda dengan saat meminum air putih atau soda.

Sebelumnya, pada peluncuran produk Jumat (24/2), Ronny Titiheruw, Direktur Marketing San Miguel, mengatakan makanan yang paling cocok untuk menemani Cerveza Negra ialah jenis makanan yang bercita rasa dan aroma kuat. Ia mencontohkan makanan yang dimaksud seperti makanan yang dipanggang (grilled food), steak daging, atau camilan kue brownies.

Komentar