MI Anak

Gagahnya Kapal Perang Italia

Ahad, 26 March 2017 02:00 WIB Penulis: (Bagus Patria, Jurusan Jurnalistik, Universitas Padjadjaran)

DOK BAGUS

APA sih yang ada di benak Sobat Medi waktu disebut kapal perang? Pasti kalian membayangkan kapal yang besar, keren, dan canggih. Terbayang enggak sih bagaimana serunya kalau kita bisa jalan-jalan di dalam kapal itu? Kamis (9/3), Jakarta menjadi salah satu tempat rangkaian Italian Submarine Warship Tour. Hari itu kapal perang unggulan Italia, ITS Carabiniere F-593, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Nah, pada Sabtu dan Minggu kemarin juga, Medi dan beberapa Sobat Medi punya kesempatan untuk jalan-jalan di dalam kapal buatan 2015 tersebut. Walaupun cuaca hari itu panas dan antreannya cukup panjang tidak mematahkan semangat Sobat Medi buat bisa melihat kecanggihan kapal ITS Carabiniere. Kapal perang ini memiliki karakteristik umum, antara lain panjang 142,5 meter, lebar 19,4 meter, draft 5,4 meter, dengan bobot 4.572 ton.

Sobat Medi bisa bayangkan dong bagaimana besarnya kapal ini? Setelah antre selama kurang lebih dua jam, Medi akhirnya bisa masuk ke dalam kapal dan langsung melihat landasan helikopter (hanggar) yang ada di bagian belakang.

Hanggar helikopter
Hanggarnya juga cukup besar lo karena bisa menampung sampai dua buah helikopter. Sobat Medi dan keluarga juga bisa langsung foto sama kakakkakak tentara Italia yang kerenkeren. Setelah dari landasan helikopter, Sobat Medi bisa langsung melihat ruang roket. Di sana ada beberapa roket perang warna putih yang lumayan besar ukurannya. Setelah dari sana baru kita masuk ke ruang kemudi, bagian terhebat dari kapal ini. Ruang kemudi ini dipenuhi sama beberapa komputer canggih yang fungsinya berbeda, ada yang untuk menjalankan kapal sampai untuk melakukan navigasi dan pelacakan kapal.

Jelajah laut dunia
Pak Ensign Fabio Monforte, Second Navigator Offcier kapal ini bilang kalau kapal ini berangkat dari Italia pada 28 Desember 2016. “Sebelum sampai di Indonesia, ITS Carabiniere sudah mengunjungi beberapa negara juga, mulai dari Srilanka, Saudi Arabia, dan Australia,” kata Pak Fabio. Setelah meninggalkan Jakarta pada Senin (13/3) kemarin, kapal yang membawa lebih dari 180 awak kapal ini juga akan menyambangi Singapura, Malaysia, Pakistan, dan beberapa
negara lain.

Kecanggihan Carabiniere F-593
Kapal yang dipimpin langsung komandannya, pak Commander Francesco Pagnotta, ini sebenarnya berfungsi sebagai penjaga perbatasan Italia dan daerah mediterania. Kapal ini ternyata canggih banget lo Sobat Medi. Salah satu keunggulannya, kapal ini memiliki teknologi antikapal selam. Jadi dengan canggihnya radar kapal ini, serangan dari bawah laut bisa langsung diketahui. Jadi, Carabiniere memiliki sistem sonar yang diandalkan untuk menjejak kapal selam musuh, baik kapal selam bermesin diesel maupun nuklir.

Untuk menghancurkan kapal selam buruannya, ITS Carabiniere F593 mengandalkan torpedo yang mampu mampu menghancurkan sasaran di bawah air dengan jarak 35 km secara efektif. Duarrr, sekali tembakan bisa memberi dampak yang cukup parah untuk kapal musuh. Selain antikapal selam, kapal ini juga bisa mengecoh radar lawan. Maksudnya di sini, ITS Carabiniere bisa mengecoh serangan rudal lawan sehingga tidak terkena serangan. Keren kan Sobat Medi? Tidak mengherankan kapal ini menarik perhatian beberapa negara seperti Australia, Mesir, dan Yunani.

Keamanan dan kemanusiaan
Selain untuk perang, kapal ini juga punya fungsi lain. Kapal yang akan kembali ke Italia pada Juli itu mampu menjalankan berbagai macam misi, menjaga keamanan perairan termasuk dukungan bantuan untuk misi kemanusiaan seperti penanggulangan bencana. Menurut Pak Fabio Monforte, tujuan diadakannya Italian Submarine Warship Tour ini memang untuk menjalin kerja sama dan menjaga hubungan angkatan laut negara-negara yang dikunjunginya.

“Karena di semua rangkaian tur ini kita memang selalu bekerja sama dengan angkatan laut di negara-negara yang kita kunjungi!” (Bagus Patria, Jurusan Jurnalistik, Universitas Padjadjaran)

Komentar