Nusantara

Babel akan Bangun Jalan dan Jembatan Senilai Rp217 M

Selasa, 21 March 2017 11:37 WIB Penulis: Rendy Ferdiansyah

MI/Rendy

PEMBANGUNAN sejumlah Infrastruktur jembatan dan jalan yang rusak akibat banjir segera dilakukan, Untuk itu, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah menyiapkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp217 miliar.

Kepala bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Provinsi Bangka Belitung Agus Afandi mengatakan seluruh infrastruktur yang rusak akibat banjir di Pulau Bangka akan dibangun tahun ini. Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp217 miliar untuk pembangunan 8 jembatan dan jalan.

"Untuk pembangunan 8 Jembatan dan jalan kita sudah siapkan anggaran sebesar Rp217 miliar. Tahun ini sudah mulai di laksanakan," kata Agus.

Ke-8 Jembatan itu, kata Agus, adalah Jembatan Lampur dengan anggaran Rp28 miliar, Terubus Rp4,3 miliar, Sadap Rp4 miliar, Nadi Rp7,2 miliar, Lubuh Lingkup Rp6,8 miliar, Penagan Rp3,7 miliar, Mundi Rp3,5 miliar, kretak Rp12 miliar.

"Total seluruh anggaran untuk pembangunan jembatan yang rusak sebesar Rp68 miliar, sisanya untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan yang rusak akibat banjir, termasuk yang di Belitung," ujarnya.

Seluruh jembatan yang rusak itu, menurut Agus, merupakan tanggung jawab Provinsi, sehingga menggunakan APBD.

"Itu kan tanggung jawab Provinsi jadi murni Provinsi bukan APBN," ungkap Agus.

Agus menjelaskan untuk jembatan dan jalan nasional yang rusak akibat banjir tidak ada satupun yang dibiayai dengan APBD. "Tidak boleh APBD untuk perbaikan infrastruktur nasional," ucap dia.

"Infrastruktur nasional memang agat terlambat pembangunannya karena proses, tetapi dapat dilakukan perbaikan darurat, itupun tetap dengan anggaran darurat dari APBN," terang Agus.(OL-5)

Komentar