Polkam dan HAM

Pemindahan Ibu Kota Maju Mundur

Selasa, 21 March 2017 06:31 WIB Penulis: Deo/P-1

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran kembali menggulirkan wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya. -- ANTARA FOTO/Reno Esnir

GUBERNUR Kalimantan Tengah Sugianto Sabran kembali menggulirkan wacana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Palangkaraya. Dalam sebuah pertemuan di Jakarta, beberapa waktu lalu, kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro, Sugianto mengatakan siap merealisasikan wacana tersebut.

Dalam menanggapi hal itu, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan pemerintah tidak akan tergesa-gesa mengambil keputusan. Pemerintah akan terlebih dahulu mengkaji studi-studi lama mengenai pemindahan ibu kota.

“Katanya dulu ada studi itu. Jadi kita sedang mau cari. Karena sudah diperdebatkan, jadi kita mau cari sekarang,” ujar Pratikno di Kantor Kemenko Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, kemarin.

Wacana pemindahan ibu kota ke Palangkaraya telah ada sejak era Presiden Pertama Indonesia Soekar­no. Saat itu, Bung Karno mengimpikan ibu kota Indonesia dipindahkan dari Jakarta ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Setelah itu, mulai era pemerintahan Presiden Soeharto, wacana yang sama kembali bergulir. Di masa pascareformasi, almarhum Ketua MPR Taufiq Kiemas juga pernah mewacanakan akan berupaya merealisasikan wacana tersebut. “Nah, itu kan cerita lama, sudah lama. Makanya kita membuka lagi studi mengenai itu,” tandasnya.

Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai KOPI), pada Mei-Juni 2015 terhadap 250 responden, menunjukkan 28,4% responden menyatakan Yogyakarta sebagai kota yang paling cocok menjadi ibu kota negara menggantikan Jakarta.

Daerah lain yang menjadi pilihan ialah Palangkaraya 21,6%, Bogor 20,8%, dan Bukittinggi 15,6%.
Wacana tersebut mendapatkan dukungan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ketika itu. Bahkan, DPD mengusulkan ibu kota negara sebaiknya dipindahkan ke wilayah Indonesia bagian timur.

Meski begitu, hingga kini belum ada keseriusan pemerintah untuk merealisasikan pemindahan ibu kota dan usul­an itu tetap sekadar wacana. (Deo/P-1)

Komentar