Polkam dan HAM

Polri Bantu PDRM Buru Dalang Penculik Istri Pengusaha Malaysia

Senin, 20 March 2017 21:29 WIB Penulis: Akmal Fauzi

ANTARA

MARKAS Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama Polisi Diraja Malaysia (PDRM) masih memburu aktor di balik penculikan Ling Ling, warga negara Malaysia, yang disekap di Batam, Kepulauan Riau. Diduga pelaku ini kabur dan bersembunyi di Indonesia.

"Otaknya ini orang Malaysia namanya Waklan. Ia merupakan aktor dari peristiwa ini dan masih dilakukan pengejaran petugas," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Jakarta, Senin (20/3).

Boy menjelaskan, empat pelaku penculikan dari warga negara Indonesia David Doo, 37, Kemas M Saleh, 28, Cahyadi alias Yadi alias Panjang, 21, dan Hartadi alias Mas, 32 merupakan anak buah Waklan. Sehingga besar kemungkinan Waklan bersembunyi di Indonesia.

"Termasuk dugaan yang bersangkutan berada di wilayah Indonesia karena orang Indonesia yang direkrut itu bekerja kepada yang bersangkutan (Waklan)," jelasnya.

Penculikan Ling Ling terjadi di rumahnya di Kulai, Johor, Malaysia pada 21 Februari 2017. Ling-Ling kemudian disekap di sebuah gubuk di kawasan terpencil di Tamiyang, Batuaji, Batam.

Awalnya, PDRM menangkap enam warga Malaysia pada 14 Maret 2017 lalu. Dari pemeriksaan pelaku, mereka bekerjasama dengan empat pelaku WNI yang menyekap Ling Ling di Batam.

Boy menjelaskan penculikan istri pengusaha di Johor Malaysia itu diduga dilakukan lantaran motif ekonomi. Para pelaku meminta uang tebusan 5 juta dollar Singapura atau sekitar Rp 50 miliar.

Saat ini, Ling Ling sudah dikembalikan ke keluarganya di Malaysia. Sementara pencarian pelaku lainnya masih dalam proses penyelidikan. (OL-2)

Komentar