Hiburan

Miri, Ibu Kota Musik Country Asia

Senin, 20 March 2017 19:46 WIB Penulis: RO/Micom

dok panitia MCMF 2017

Kota Miri, Sarawak, Malaysia baru saja selesai menyelenggarakan Miri Country Music Fest (MCMF) yang keempat pada tanggal 25-26 Februari 2017. Miri Country Music Fest (MCMF). Sejumlah musisi internasional turut memeriahkan. Termasuk Tantowi Yahya yang pernah tampil di sana.

Penyelenggaraan MCMF sejak tahun 2014 ini disebut-sebut sebagai satu-satunya event musik barat dan country yang berkembang baik di masyarakat Malaysia. Berlokasi di bagian outdoor Parkcity Everly Hotel, Miri, tak hanya menyajikan musik berkelas. Tapi juga pemandangan pepohonan pinus dan matahari terbenam dari pantai Brighton yang menjadi latar festival.

Tahun ini MCMF menghelat festivalnya dalam dua hari. Termasuk suguhan workshop dari para penampil seperti Shane Smith and the Saints (USA), James Thomson and the Strange Pilgrims (Australia), The Casual Celeidh Band (Brunei-based European band), band country lokal cukup populer bernama Country Road (Miri), Adi Wow and Maha (Sabah), Russel Curtis (Kuala Lumpur), dan Raggy Project (Penang).

Dengan dilengkapi lingkungan indah tersebut, Festival musik ini tidak hanya disuguhkan untuk penggemar musik semata, melainkan untuk ajang liburan bersama keluarga tercinta karena dilengkapi dengan beragam sajian makanan yang lezat dan barang-barang unik lainnya. Dari rilis yang diterima Media Indonesia beberapa waktu lalu, perwakilan promotor Place Borneo, Mona Manap mengungkapkan Miri adalah kota utama di bagian utara Sarawak yang memiliki kultur unik untuk meningkatkan pariwisata.

“Suku-suku yang hidup di Sarawak Barat sangat dipengaruhi oleh gaya hidup dari musik country dan barat. Mereka menggunakan atribut seperti koboi lengkap dengan topinya dan setiap hari mendengarkan musik country. Miri juga menjadi lokasi sentral antara Sarawak Selatan, Sabah, dan Brunei yang menjadi lokasi strategis untuk mendatangkan penonton festival,” jelas Mona.

Mona juga berharap tahun depan Indonesia bisa menyumbangkan talenta musisi countrynya ke ajang festival ini. Karena Tantowi Yahya terbukti sudah memiliki fans dalam jumlah yang cukup banyak di sana. Tahun lalu Rani Tofani juga menjadi line up dalam festival ini.

“Kami melihat potensi pasar di Indonesia, salah satu caranya adalah dengan melibatkan musisi Indonesia di festival kami. Dengan kondisi ekonomi Indonesia yang cukup stabil dan banyak kelas menengah yang mulai bepergian, kami optimis bisa menjaring pentonton dari Indonesia. Apalagi Indonesia memiliki musikal yang organik dengan banyak musisi yang bertalenta di dalamnya, ” kata Mona. (OL-1)

Komentar