Nusantara

Laode: Banyak Oknum Penipu Mengatasnamakan KPK

Senin, 20 March 2017 19:53 WIB Penulis: Ardi Teristi Hardi

MI/ROMMY PUJIANTO

WAKIL Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarief menyatakan, pihaknya mendapat laporan sejumlah pihak yang telah ditipu oleh oknum KPK palsu. Saat beraksi, oknum tersebut pun mengeluarkan simbol-simbol yang menyerupai lambang KPK asli.

Ia menyebut, kepanjangan KPK palsu pun bermacam-macam, antara lain Komisi Pengawas Korupsi.

"Itu kalau lihat, langsung laporkan ke polisi saja," kata dia di sela-sela Seminar Menelusuri Peran dan Kinerja DPR dalam Pemberantasan Korupsi di University Club Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Senin (20/3).

Laode menyebut, sudah banyak masyarakat yang menjadi korban dari oknum KPK palsu. Kerugian mereka bahkan ada yang mencapai ratusan juta rupiah. Misalnya, ada oknum mengaku KPK dan dia bilang ke pemerintah desa untuk mencari uang dengan dalih penggunaan dana desa belum sesuai aturan.

Modus lainnya, mereka mendatangi nama-nama yang terkena kasus dan disebut di koran. Mereka menemui orang tersebut dengan mengatasnamakan KPK atau bekerja sama dengan institusi KPK.

Menurut Laode, kasus penipuan yang mengatasnamakan lembaganya tersebut terjadi hampir merata di seluruh Indonesia, seperti di Aceh, Sumatra, Jawa Barat, Sulawesi Tenggara, hingga Papua. Bahkan, KPK palsu tersebut bikin kantor, baju, dan rompi berlogo KPK palsu. (OL-2)

Komentar