Humaniora

Penderita HIV/AIDS Ada di 10 Kecamatan Bulungan

Senin, 20 March 2017 19:18 WIB Penulis: Victor Ratu

Ilustrasi

JUMLAH penderita human immunodeficiency virus (HIV)/acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, dalam beberapa tahun terakhir mulai menyebar di 10 kecamatan.

Kepala Pengelola Data HIV dan AIDS Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bulungan Yarmin mengungkapkan, sebelumnya kasus HIV/AIDS hanya ditemukan di beberapa wilayah saja. ''Namun berdasarkan pemeriksaan yang sudah dilakukan pada 2017, Dinkes Bulungan kembali menemukan 5 warga (2 pria dan 3 wanita) positif mengidap HIV/AIDS di 10 kecamatan,'' ujarnya, kemarin.

Sedangkan Kepala Bidang Pengelolaan Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Bulungan Imam Sujono menjelaskan, dari 32 kasus HIV/AIDS di Bulungan pada 2016, tercatat 2 pasien meninggal, 27 orang dalam masa pengobatan dan 3 orang belum dapat diobati.

''Sebanyak 32 jiwa positif terkena HIV/AIDS angka ini naik dibanding 2015 yang berjumlah 29 orang. Tiga penderita yang belum dapat diobati itu tak rutin mengonsumsi obat. Jika penderita tidak disiplin akan berisiko terhadap dirinya sendiri dan orang lain,'' jelasnya.

Dinkes Bulungan mengalami kesulitan menangani pasien yang terdeteksi HIV. Sebab pasien yang ingin diobati selalu berpindah tempat tinggal, bahkan tidak ingin diperiksa atau menjalani perobatan. Jika penderita dapat mengonsumsi obat selama tiga hingga enam bulan berturut-turut, potensi penularan penyakit tersebut sangat kecil. (OL-4)

Komentar