Nusantara

Peringati Hari Dongeng Sedunia, KAI Gelar Aksi Mendongeng di Stasiun

Senin, 20 March 2017 14:53 WIB Penulis: Antara

MI/Liliek Dharmawan

PULUHAN siswa taman kanak-kanak mengikuti peringatan Hari Dongeng Sedunia yang diselenggarakan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto di Stasiun Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Dalam kegiatan yang digelar di ruang tunggu depan Stasiun Purwokerto di Purwokerto, Senin (20/3) itu, anak-anak yang berasal dari enam TK mendengarkan dongeng tentang kereta api yang disampaikan oleh seorang pendongeng, Mulyadi Yulianto yang akrab dipanggil dengan nama Kak Imung.

Saat mendongeng, pria yang telah belasan tahun menggeluti "dunia dongeng" itu tampak asyik bercengkerama dan berinteraksi dengan anak-anak. Sesekali dia menyisipkan pesan-pesan moral dan nasihat dalam dongengnya. Anak-anak tampak asyik mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh Kak Imung.

Saat ditemui di sela-sela kegiatan, Vice President PT KAI Daop 5 Purwokerto Dwi Erni Ratnawati mengatakan peringatan Hari Dongeng Sedunia dilaksanakan serentak di seluruh Daerah Operasional dan Divisi Regional PT KAI (Persero).

"Setiap Daop dan Divre ada satu stasiun yang ditunjuk untuk menggelar kegiatan ini, kecuali Daop 1 Jakarta ada enam stasiun. Khusus Daop 5
Purwokerto digelar di Stasiun Purwokerto," katanya.

Menurut dia, kegiatan mendongeng ditujukan untuk membentuk karakter pada anak-anak sedini mungkin. Dengan demikian, kata dia, anak-anak diharapkan akan memiliki moral yang baik, bertanggung jawab, dan peduli terhadap sesama. (OL-5)

Komentar