Olahraga

Taekwondo Incar Dua Emas Asian Games

Ahad, 19 March 2017 22:30 WIB Penulis: Nurul Fadillah

ANTARA

PENGURUS Besar Taekwondo Indonesia (PB TI) mematok dua medali emas dalam ajang Asian Games 2018. Dua nomor yang dibidik adalah poomsae dan kyorugi.

Menurut pelatih tim pelatnas taekwondo Indonesia Rahmi Kurnia, dua emas tersebut terbilang realistis mengingat para atlet mengalami kemajuan pesat saat Kejuaraan Asia di Manila, Filipina pada 16-17 April 2016. Saat itu di nomor poomsae meraih satu emas di nomor beregu putra dan dua perak di kategori pasangan dan individual putri. Kemudian satu perunggu di kategori individual pura.

Ketika SEA Games Singapura 2015, Indonesia menyabet dua emas di nomor kyorugi kelas 54 kg putra atas nama Reynaldi Atmanegara, dan kelas 53 kg putri oleh Mariska Halinda.

"Target di Asian Games bisa dua emas, mudah-mudahan bisa lebih. Sekarang atlet pelatnas kami ada 17 di mana 12 sesuai SK Satlak Prima dan 5 non prima. Karena persiapan menuju Asian Games masih jauh, kita masih akan ada promosi degradasi," ujar Rahmi kepada Media Indonesia kemarin.

Pada pertemuan technical delegate antara Komite Olimpiade Asia (OCA) dan Indonesia pada 4-6 Maret lalu, telah ditetapkan 20 nomor pertandingan taekwondo. Dari 20 nomor tersebut, 16 merupakan kategori kyorugi (8 putra dan 8 putri), dan 4 kategori poomsae.

Demi mencapai target dua emas tersebut, PB TI telah merekrut pelatih Korea Selatan, Soon Jae Lee di kategori kyorugi dan Shin Sheung Jung untuk poomsae.

PBTI juga menyiapkan 50 atlet junior dari 34 pengprov dalam seleksi di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (18/3). Ketua Harian PB TI Zulkifli Tanjung mengatakan penilaian seleksi dilihat berdasarkan faktor fisik dan teknik para taekwondoin junior.

Komentar