Olahraga

GBK Siapkan Lahan untuk Museum Olahraga

Ahad, 19 March 2017 21:26 WIB Penulis:

Ist

PERHELATAN Asian Games 2018 dijadikan momentum untuk membangkitkan peningkatan prestasi. Hal ini harus dilakukan karena Indonesia pernah berprestasi di ajang multievent tingkat Asia.

Itu sebabnya perlakuan yang diberikan bukan sekadar menyiapkan para atlet yang akan berlaga saja, tapi juga mengingatkan bahwa sebelumnya para senior mereka sudah unjuk kemampuan. Pemerintah pun meresponsnya dengan membangun museum olahraga yang representatif di Gelora Bung Karno.

''Secara prinsip kami sudah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan. Tinggal menunggu persetujuan untuk pencarian anggaran dari Kementerian Keuangan,'' ujar Kepala Museum Olahraga Nasional Herman Chaniago di Jakarta, kemarin.

Pihak Gelora Bung Karno sudah mengalokasikan ruangan seluas 4.400 meter persegi di sektor 13-18. Herman mengharapkan pencairan anggaran bisa segera dilakukan agar pembangunan bisa terwujud. ''Niatnya pada saat Asian Games sudah bisa terwujud, sehingga para peserta nanti bisa melihat sejarah panjang olahraga Indonesia,'' tuturnya.

Sebagai kanjian untuk studi banding, pihaknya berencana mengunjungi museum olahraga internasional sebagai acuan seperti Norwegian Olympic Museum, The Olympic Museum Lausanne, The FIFA World Football Museum, dan National Sports Museum Australia. (OL-4)

Komentar