Sepak Bola

Modal Positif Madrid Jelang Bulan Padat

Senin, 20 March 2017 03:00 WIB Penulis: Nurul Fadillah

AFP/ANDER GILLENEA

REAL Madrid melanjutkan tren positif pada lanjutan La Liga kontra Athletic Bilbao dengan kemenangan 2-1, Minggu (19/3) dini hari.

Kemenangan di laga terakhir liga pada Maret tersebut menjadi modal yang positif bagi el Real sebelum menghadapi agenda padat pada April mendatang.

Tambahan tiga poin membuat Madrid kukuh di puncak klasemen sementara, apa pun hasil yang diraih Barcelona kontra Valencia, dini hari tadi.

Fakta itu sedikit meringankan beban Cristiano Ronaldo dkk yang akan melakoni tujuh pertandingan La Liga ditambah dua leg perempat final Liga Champions melawan Bayern Muenchen.

Tantangan terbesar ada di laga kontra Atletico Madrid pada 8 April mendatang.

Lima hari setelah itu, skuat besutan Zinedine Zidane itu akan melawat ke Jerman untuk menerima jamuan Muenchen pada leg pertama perempat final.

Sporting Gijon akan menjadi satu-satunya lawan yang bisa membuat skuat Santiago Bernabeu bernapas pada 16 April.

Setelah itu, Madrid kembali harus tancap gas karena dihadang Muenchen di leg kedua (19/4) lalu menjalani el Clasico kontra Barcelona (23/4).

Dengan selisih waktu yang terbilang singkat, Los Blancos tentu perlu mengatur strategi yang tepat untuk bisa menjaga fisik dan kebugaran pemain di sela-sela pertandingan yang menguras tenaga ekstra tersebut.

Zidane pun menyadari kemenangan atas Bilbao tidak begitu berarti karena posisi mereka di puncak klasemen senantiasa terancam di sisa 11 laga La Liga terakhir.

"Pada akhirnya, kami butuh keseimbangan. Mengeluarkan Ronaldo dari lapangan tidak berarti apa-apa karena dia bisa melakukannya kapan saja," ujar Zidane.

Pada laga ke-27 mereka di La Liga tersebut, Los Blancos yang datang sebagai tim tamu bermain agresif sejak babak pertama pertandingan.

Karim Benzema membuka keunggulan bagi tim di menit 25 setelah memanfaatkan assist dari CR7.

Tuan rumah mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol tunggal dari Aritz Aduriz di menit 65.

Namun, kedudukan sama kuat itu tidak bertahan lama karena Los Merengues mampu menambah keunggulan hanya 3 menit berselang melalui Casemiro.

Kian tak terbendung

Dari Bundesliga, Bayern Muenchen seperti tak terben-dung untuk merengkuh gelar kelima beruntun musim ini.

Pasalnya, pesaing terdekat mereka, RB Leipzig, kembali menelan kekalahan kedua beruntun, kali ini dari Werder Bremen dengan skor 0-3.

Jika Muenchen mampu menaklukkan Bayer Leverkusen dini hari tadi, jarak poin mereka akan menjadi 13 angka.

Dengan hanya sembilan pertandingan tersisa, pelatih Leipzig, Ralph Hasenhuettl, merasa mustahil bagi timnya untuk mengejar defisit itu.

"Kami tidak bisa bergantung pada keberuntungan seperti di putaran pertama kompetisi. Momentum tidak lagi berada pada kami," ujarnya.

Kekalahan dari Bremen merupakan yang keempat dalam tujuh pertandingan terakhir mereka di Bundesliga.

Catatan ini berbanding terbalik dengan pencapaian di putaran pertama kompetisi ketika Leipzig tidak terkalahkan dalam 13 partai.

Sebaliknya, kemenangan itu membuat Bremen untuk sementara terangkat dari bibir zona degradasi. (AFP/R-4)

Komentar